DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi IV Bidang Kesra yang juga membidangi pendidikan ingin memastikan sejauh mana sosialisasi minat baca di provinsinya.

Ketua Komisi IV HM Lutfi Saifuddin SSos mengemukakan itu menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin, Rabu (21/9/22) malam sebelum komisinya kunjungan kerja (kunker) dalam daerah provinsi setempat untuk monitoring sosialisasi minat baca.

"Pasalnya sosialisasi minat baca itu penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar anggota DPRD Kalsel dua periode dari Partai Gerindra tersebut.

"Pada kesempatan kunker dalam daerah kali ini (22 - 24 September 2022), kami melakukan monitoring sosialisasi minat baca di Kabupaten Tabalong dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispetsip) setempat," lanjutnya.

Sementara Pemerintah Indonesia menetapkan September 2022 merupakan bulan gemar membaca.

Berbagai upaya Kepala Perpustakaan Daerah Kalsel Dra Hj Nurliani MAP untuk memaknai bulan gemar membaca tersebut antara lain dengan cara memberi hadiah (doorprize) kepada pengunjung, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Pemberian doorprize tersebut dengan sistem undian, bagi yang beruntung bisa mendapatkan dan belum beruntung mendapatkan golongan kertas bertuliskan "silakan membaca lagi".

"Kita mengapresiasi kreativitas Bunda Nunung (panggilan akrab Nurliani) untuk memotivasi orang supaya gemar membaca," demikian Lutfi Saifuddin.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022