Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah memimpin rapat koordinasi bersama lurah dan camat yang membahas berbagai masalah pertanahan bersama Kantor ATR/BPN Kota Banjarbaru.
 
Rapat koordinasi bulanan camat dan lurah yang digelar di Aula Kelurahan Guntung Manggis, Selasa, dengan materi Tata Cara Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah disampaikan Kantor ATR/BPN setempat.
 
"Soal tanah adalah permasalahan krusial. Melalui rakor ini kami berharap camat dan lurah bisa memahaminya, sehingga mereka terhindar dari masalah pertanahan," ujar sekda di sela kegiatan.
 
Ditekankan, masalah pertanahan biasanya berawal dari jual beli surat tanah para pihak tidak bertanggung jawab sehingga camat dan lurah harus selalu mengecek masalah pertanahan di wilayahnya.
 
Di sisi lain, regulasi pertanahan hendaknya dipahami seluruh elemen masyarakat dan mematuhi aturan yang berlaku sehingga tidak terjadi tumpang tindih surat-menyurat maupun sengketa lainnya.
 
"Camat maupun lurah harus terus menyosialisasikan regulasi terkait pertanahan kepada masyarakat sehingga satu sisi menjalankan tugas di sisi lain memberikan suatu pemahaman," katanya.
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022