Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad menghadiri Grand Final Utuh Aluh HSS Tahun 2022, yang dilaksanakan di Open Stage Darmansyah Zauhidie, Kandangan.

Enam pasang Utuh Aluh HSS terpilih, mereka unjuk pengetahuan dan bakatnya di acara grand final yang dilaksanakan Pawadahan Utuh Aluh HSS, dan hasil akhir dimenangi M Adam Malik dengan panggilan Utuh Adam serta Yatin Agnina dengan panggilan Aluh Nina.

"Kami mengharapkan agar keikutsertaan para Utuh Aluh di ajang pemilihan ini selain sebagai upaya melestarikan budaya daerah, juga untuk pengembangan potensi bakat, kreatifitas, dan kecerdasan para generasi muda," kata wabup, Sabtu (27/8) malam.

Dijelaskan dia, kedepannya juga diharapkan agar kegiatan pemilihan ini tidak hanya menjadi rutinitas semata, dan keberadaan Utuh Aluh bukan sekedar penghias dalam berbagai acara.

Baca juga: Disdikbud HSS laksanakan grand final Utuh Aluh 2021

Namun hendaknya terus dilakukan perbaikan dan pengaturan program bagi para Utuh Aluh, agar setelah selesai menjadi Utuh Aluh mereka masih dapat memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan.

Selain itu, salah satu tujuan yang diharapkan dapat dicapai adalah untuk mengajak dan mengajarkan generasi muda di HSS, untuk lebih mengetahui dan memahami tentang adat dan budaya serta kearifan lokal masyarakat dan daerah.

"Serta ini menjadi wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah kita, juga mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah beserta seni budayanya," katanya.

Rangkaian kegiatan pemilihan Utuh Aluh HSS melalui beberapa tahap, yaitu tahap sosialisasi, tahap pendaftaran, technical meeting, tahap seleksi dan tahap pembekalan.

Peserta Utuh Aluh HSS juga menjalani karantina tertutup dan karantina terbuka hingga tahap terakhir, yakni malam grand final yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2022.

Para Pemenang Utuh Aluh HSS tahun 2022 mendapatkan trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan, bingkisan dan voucher dari berbagai sponsor yang mendukung acara pemilihan Utuh Aluh HSS.

Baca juga: Wabup harapkan utuh dan aluh jadi duta protokol kesehatan

Adapun urutan pemenang dalam event ini antara lain, Utuh M. Adam Malik, Aluh Yatin Agnina, Wakil 1 Mirajussani Kartiwidana dan Annisa Futri, Wakil 2 M. Zulfan Raghbie dan Ellin Sepringga.

Selanjutnya, Wakil 3 M. Rizqan Al-Fitri Akbar dan Aulia Rahmiyatul Azma, Wakil 4 M. Dailamy dan Diana Novianti, serta di posisi Wakil 5 M. Ansari dan Nor Jannah Herliani.

Selain menghadiri grand final, wabup dalam kegiatan ini juga mengunjungi stand-stand UMKM, yang berada di depan gedung MTQ Kandangan.

Turut berhadir, para kepala perangkat daerah terkait, Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama, Camat Kandangan, anggota DPRD, BUMN atau BUMD, para Nanang Galuh se-Kalsel, para sponsorship, dewan juri, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022