Grand Final Pemilihan Utuh Aluh HSS tahun 2021 dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSS, di Gedung Pramuka.

Kepala Disdikbud HSS, Hj Siti Erma, di Kandangan, mengatakan pemilihan Utuh Aluh HSS ini merupakan salah satu ajang pengembangan bakat yang mana tidak terbatas pada rutinitas dan kompetisi penampilan fisik semata.

"Peserta juga diperhitungkan kualitas diri, seperti intelejensi, ketrampilan, pengetahuan dan bakat di bidang seni budaya daerah.
Kegiatan ini sudah melalui berbagai tahap sesuai prosedur, tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya, Senin (23/8).

Dijelaskan dia, jumlah peserta yang mengikuti Utuh Aluh HSS 2021 dari tahap pertama, seleksi yang dilaksanakan di Aula Sehati Disdikbud HSS hingga pemilihan sebanyak 36 orang.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan sangat mengapresiasi jajaran Disdikbud HSS atas suksesnya penyelenggaraan pemilihan Utuh Aluh HSS 2021.

Menurut dia, melalui kegiatan ini diharapkan salah satu tujuan yang dicapai adalah mengajak dan mengajarkan generasi muda di HSS ini agar lebih mengetahui dan memahami tentang adat dan budaya, serta kearifan lokal masyarakat dan daerah.

"Kami harapkan ajang ini bisa menjadi wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah, sekaligus mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah beserta seni budayanya, juga tempat mengasah kemampuan diri," katanya.

Ia juga menyampaikan pesan Bupati HSS, H Achmad Fikry, agar Utuh Aluh HSS dapat melestarikan budaya daerah juga untuk pengembangan potensi, bakat, kreatifitas dan kecerdasan para generasi muda.

Ajang ini akan menghasilkan duta wisata yang mampu mempromosikan dunia wisata HSS, dan mengajak warga untuk menjaga budaya sendiri.

"Selanjutnya, pemilihan ini agar tidak hanya menjadi rutinitas semata, namun hendaknya terus dilakukan perbaikan dan pengaturan program bagi para Utuh dan Aluh," katanya.

Hal ini dilakukan agar setelah selesai menjadi Utuh dan Aluh, mereka dapat memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan di daerah.

Untuk para pemenangnya, Utuh Aluh HSS 2021 adalah Nawaz Syarif dan Norbaiti, Wakil I M. Alfi Syahrin dan Siti Karima, Wakil II Hendri Gigih Saputro dan Maria Ulfah.

Selanjutnya, Wakil III Taufik Hidayat dan Yunita Lailiyani, Wakil IV Akhmad Hujaji dan Rhezha Naimatun Naim, kemudian di posisi Wakil V ada M. Saiful Akhyar dan Nur Ihya.

Disusul Utuh Aluh Berbakat M. Syaiful Akhyar, Utuh Aluh terfavorit M. Alfi Syahrin dan Nur Ihya, serta Duta Museum Rakyat HSS Nawaz Syarif dan Siti Karima.

Turut hadir, hadir dalam acara tersebut, perwakilan Bank Kalsel Cabang Kandangan, Perwakilan Kodim 1003 / HSS dan juga dari Polres HSS.

Baca juga: Wabup HSS berikan motivasi peserta PKL SMKN 2 Kandangan

Baca juga: PTM HSS ditunda bisa berlanjut apabila tidak ada kenaikan kasus signifikan

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021