Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar upacara peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) 2022 di lapangan dalam Rutan Kandangan.

Kepala Rutan Kandangan Jeremia Leonta menjadi inspektur upacara membacakan sambutan Menkumham Yasonna H Laoly, yang mengajak jajaran untuk memaknai pertambahan usia Kemenkumham dengan baik. 

“Peringatan HDKD harus menjadi momentum untuk melakukan introspeksi dalam mewujudkan Kemenkumham yang berkelas dunia, dan memiliki keunggulan kompetitif era society 5.0.,” katanya, Jumat (19/8) kemarin.
 
Terutama, ujarnya, dalam mewujudkan sumber daya yang kreatif dan memiliki kemampuan kolaborasi yang baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut, dia menekankan lima hal kepada jajaran Kemenkumham. 
 
Upacara peringatan HDKD tahun 2022 di Rutan Kandangan. (Antara/HO-Rutan Kandangan)


Baca juga: Pengunjung Rutan Kandangan wajib vaksin booster

Pertama, jajaran Kemenkumham harus mampu menyikapi dengan netral tahun 2023 dan 2024 yang akan hangat, karena menjadi tahun politik.

Di samping itu, Menkumham meminta agar pegawai Kemenkumham menjaga kesehatan sehingga kinerja dan produktivitas tidak terganggu, mengingat pandemi COVID-19 yang belum selesai.

"Kita sikapi krisis energi pangan dengan baik menghadapi situasi kedaruratan, miliki tenggang rasa dan kepedulian untuk membantu sesama, sikapi perkembangan Teknologi Informasi (TI) dengan baik sehingga kinerja lebih cepat dan memiliki akurasi tinggi," katanya. 

Selain itu, pegawai diminta menjaga diri dari berbagai indikasi buruk, seperti penyalahgunaan narkoba, radikalisme, dan kejahatan seksual yang tidak boleh terjadi, dan terakhir, bentengi jajaran dengan iman dan takwa. 

Adapun tema peringatan HDKD 2022 yakni “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan Berakhlak”.

Tema ini menjadi landasan Kemenkumham dalam melaksanakan tugas utama, yaitu keberhasilan pembangunan bidang hukum dan HAM di tengah dinamika ke-77 tahun Kemenkumham agar jajaran bekerja dengan baik berdasar nilai PASTI dan Berakhlak.
 
Upacara peringatan HDKD tahun 2022 di Rutan Kandangan. (Antara/HO-Rutan Kandangan)


Baca juga: Rutan Kandangan kolaborasi PMI gelar donor darah

Menkumham ingin, apa yang menjadi harapan-harapan tersebut, dapat dimaknai dan dipahami serta diimplementasikan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab oleh seluruh jajaran. 

“Semoga usia 77 ini, Tuhan senantiasa memberi petunjuk, kemudahan, perlindungan bagi jajaran Kemenkumham dalam melanjutkan pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.

Baca juga: BIN Kalsel sasar warga binaan Rutan Kandangan untuk pemerataan vaksinasi
 
Upacara peringatan HDKD tahun 2022 di Rutan Kandangan. (Antara/HO-Rutan Kandangan)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022