Sebanyak 32 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dikukuhkan Bupati HSS, H. Achmad Fikry, di Pendopo Bupati HSS.

Anggota Paskibraka terlebih dahulu mengucapkan Ikrar Pemuda Indonesia, prosesi mencium Sang Saka Merah Putih sembari diiringi lagi "Padamu Negeri", dilanjutkan pemasangan kendit sebagai tanda resmi anggota Paskibraka HSS.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para orang tua Paskibraka yang telah mendukung dan memberikan izin kepada anak-anaknya, untuk dapat melaksanakan tugas pada pengibaran bendera tanggal 17 Agustus," kata bupati, Selasa (16/8) kemarin.

Baca juga: Sekda HSS buka bimtek aplikasi Siswakeudes

Selain itu, ia turut mengucapkan terima kasih kepada anggota Paskibraka, TNI, Polri, para pelatih dan pendamping yang sudah berlatih dari pagi sampai sore kurang lebih 15 hari untuk menampilkan yang terbaik.

Anggota Paskibraka adalah kader-kader muda di masa depan. Ia berharap mereka dapat menjadi teladan bagi generasi muda yang akan datang dan dapat melanjutkan cita-cita kemerdekaan.

"Kita juga ada lima orang dari HSS yang terpilih menjadi anggota Paskibraka tingkat provinsi, terdiri atas dua putra dan tiga putri yang dilantik secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan," katanya.

Baca juga: Disporapar dan KORMI HSS hadirkan olaharaga tradisional meriahkan HUT RI

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS, Efran, mengatakan anggota Paskibraka terdiri atas 16 putra dan 16 putri yang merupakan perwakilan pelajar SMA, SMK, dan MA di HSS.

Anggota Paskibraka merupakan putra-putri terbaik dari daerah, terpilih dari hasil seleksi, sekaligus menjadi yang terbaik dari sekolah-sekolah masing-masing.

"Untuk latihan persiapan Paskibraka telah dimulai dari 1 Agustus 2022 sampai 17 Agustus 2022 saat upacara kemerdekaan serta untuk kepentingan kelancaran tugas mereka dilakukan karantina agar bisa fokus," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022