Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melakukan anjangsana ke rumah keluarga mantan-mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) jatuh setiap tanggal 14 Agustus.

Terkait inilah Tim Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalsel terdiri dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kalsel Irfan Sayuti dan Kepala Panti RSPD Iskaya Banaran Sri Mulyani beserta beberapa staf mengunjungi kediaman Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS, di Jalan Pengeran Antasari No.1 Marabahan. 

Kehadiran rombongan diterima langsung Bupati Batola Hj Noormiliyani AS untuk bersilaturahmi sekaligus menyerahkan bingkisan berupa paket cendera mata berisi perlengkapan shalat, sasirangan, parcel makanan, parcel buah dan parcel mangga. 

Hj Noormiliyani AS mendapat kunjungan anjangsana karena merupakan anak almarhum H Aberani Sulaiman, Gubernur ke-3 Provinsi Kalimantan Selatan memimpin sejak tahun 1963-1968. 

“Kunjungan kami laksanakan ini sesuai arahan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam kaitan Peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan," ujar Kadisnakertrans Kalsel Irfan Sayuti. 

Kegiatan tersebut, menurut dia, dimaksudkan sebagai bentuk perhatian atas jasa-jasa para orangtua mereka yang pernah menjabat gubernur dan wakil gubernur selaku perintis sekaligus pejuang dalam melaksanakan pembangunan di Kalsel.
 
Kadisnakertrans Kalsel Irfan Sayuti mengharapkan, cendera mata yang diberikan hendaknya tidak dinilai dari bentuknya, namun hendaknya dilihat sebagai penghargaan atas perjuangan dan pengabdian diberikan tidak ternilai harganya. 

Terlebih, terang dia,  kepada almarhum H Aberani Sulaiman pernah menjadi Ketua Panitia Persiapan Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 yang jasa-jasanya sangat besar atas lahirnya Provinsi Kalimantan (dulu Kalimantan provinsinya hanya satu).

“Jadi kunjungan kami ini sebagai bentuk apresiasi jasa-jasa beliau akan selalu dikenang oleh pemerintah daerah. Terlebih beliau (almarhum H Aberani Sulaiman) ini bukan hanya pemimpin tapi juga pejuang, perintis di bidang pembangunan, ekonomi, hingga keagamaannya karena beliau merupakan zuriat ulama besar kita (Datu Kelampayan),” ujar Irfan. 

Sementara itu, Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS menitip salam dan ucapan terima kasih kepada  Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor telah mengingat almarhum sang ayahandanya. 

“Kami atas nama keluarga mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalsel dalam hal ini Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor telah mengingat jasa-jasa abah (ayah) baik selaku pejuang maupun salah satu Gubernur di Kalsel,” ujarnya. 

Bupati yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menerangkan, kunjungan anjangsana ini baru pertama kali. 

Sebelumnya apresiasi diberikan dalam bentuk undangan kepada seluruh keluarga mantan gubernur dikumpulkan dalam satu pertemuan silaturahmi.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022