Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin panen raya padi lokal di Kelurahan Palam sekaligus syukuran hasil panen petani yang tergabung dalam kelompok Tani Karya Bakti Kecamatan Cempaka.
 
Panen raya sekaligus syukuran itu dilakukan wali kota di persawahan yang dikelola Kelompok Tani Karya Bakti Kelurahan Palam, Rabu, dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Abu Yajid.
 
"Panen raya padi lokal ini menjadi dukungan mewujudkan salah satu visi dan misi kami sebagai kepala daerah yakni terwujudnya kawasan pertanian perkotaan atau urban farming," ujar wali kota.
 
Ia mengimbau dan berharap kepada petani, agar tidak mengalihfungsikan lahan pertanian perkebunan menjadi wilayah perumahan maupun pabrik dan mendukung keberlangsungan lahan pertanian berkelanjutan.
 
Di sisi lain, masuknya teknologi pertanian meningkatkan kualitas dan kuantitas panen serta peningkatan suatu produk berupa pengemasan hasil pertanian guna meningkatkan nilai jual produk.
 
"Kami berharap ke depan, petani dan pekebun, termasuk pemilik lahan tidak mengubah maupun melakukan alih fungsi lahan, sehingga pertanian di wilayah perkotaan Banjarbaru tetap terpelihara," ungkapnya.

Baca juga: Fadliansyah ingin Tambak Tarap jadi kawasan agrowisata
 
Ditekankan, imbauan disampaikan mengingat status Kota Banjarbaru yang sudah ditetapkan menjadi ibukota Provinsi Kalsel, sehingga diperkirakan semakin banyak muncul kawasan perumahan.
 
"Jangan sampai semakin banyak tumbuh berkembangnya kawasan perumahan membuat areal pertanian semakin berkurang, sehingga harus dijaga dan dipelihara agar kawasan tetap lestari," ucapnya.
 
Baca juga: Aditya siapkan Banjarbaru kota ramah anak dan perempuan
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022