Bupati Kotabaru H Sayed Jafar meminta kepada para kades yang terlipih untuk menghadirkan warna perubahan atau berinovasi yang positif dalam membangun desa.

"Para kepala desa juga harus memastikan layanan masyarakatnya berjalan baik dengan didukung kebijakan publik yang unggul, termasuk layanan administrasinya lebih cepat, lebih mudah, terbuka dan ramah kepada setiap warga serta mampu merangkul seluruh komponen masyarakat," katanya Senin (8/8).

Bupati menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para kepala desa dalam rangka pelaksanaan tugas sebagai kepala desa :

Pertama, agar saudara mempelajari dan memahami peraturan dan perundang-undangan terkait tugas dan fungsi saudara sebagai kepala desa  yang baru. 

Kedua, bangun komunikasi yang harmonis dengan semua kelembagaan di desa, jalin kerja sama dan saling bersinergi antar kepala desa, dengan unsur pemerintahan di atasnya , serta dengan badan permusyawaratan desa sebagai partner kerja.

Ketiga, dalam rangka pelaksanaan pembangunan di desa melalui anggaran pendapatan dan belanja desa (apbdesa), agar pengelolaannya harus dipergunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat dan fokus dalam mendukung visi -misi pemerintah daerah. 

Jalankan prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan desa dengan baik,  gunakanlah setiap rupiah bagi kepentingan masyarakat dan harus sesuai dengan program dan prioritas yang ditetapkan oleh kementerian desa.

Ke empat, agar seluruh kepala desa dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan inovasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial dan budaya maupun aspek ekonomi.

"Saya mengajak seluruh kepala desa untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun daerah guna menjawab visi kabupaten kotabaru menuju terwujudnya masyarakat kabupaten kotabaru yang semakin mandiri dan sejahtera melalui peningkatan di bidang agrobisnis dan kepariwisataan," ujarnya dalam siaran pers.
 

Pewarta: aqsin/*

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022