Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan berbangga atas dua tim mahasiswa yang berhasil meraih prestasi di ajang Kompetisi Mahasiswa Bidang Informasi Politeknik Nasional (KMIPN) IV tahun 2022.

"Kami sangat berbangga tim mahasiswa kami bisa berprestasi di ajang lomba bergengsi politeknik se Indonesia di bidang informatika," ujar Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi, di Banjarmasin, Senin.

Dia menyampaikan, dua tim Poliban yang meraih prestasi di KMIPN IV yang finalnya pada 2--3 Agustus 2022 di Politeknik Negeri Batam tersebut pada bidang lomba Hackathon dan bidang lomba keamanan siber.

"Kedua tim mahasiswa kita meraih juara 3, ini sudah sangat membanggakan," ujarnya.

Sementara itu, Kaprodi D3 Manajemen Informatika Poliban Kalsel Abdul Rozaq, S.Kom, M.M M.Kom menyampaikan, Poliban mengirim tiga tim untuk mengikuti KMIPN IV yang dimulai sejak pendaftaran dan submit proposal pada 7 Maret hingga finalnya pada 2--3 Agustus 2022 tersebut.

Dengan semangat bertanding yang luar biasa, dua tim Poliban, pertama Tim ITECHATHON yang diisi Hari Hidayat (Prodi Teknik Informatika), Nisrina Adila Rahmi (Prodi Manajemen Informatika) dan Adnan Abdul Majid (Prodi Manajemen Informatika) berhasil juara 3 bidang lomba Hackathon.

Selanjutnya, Tim 2RF-CYBERTECH yang diisi M Rizky Murtadha (Prodi Teknik Informatika), Noor Saputri (Prodi Teknik Informatika) dan M Farhan Al-Ghifari (Prodi Teknik Informatika) berhasil juara 3 bidang lomba keamanan siber.

Abdul Razak menyatakan, prestasi dua tim mahasiswa Poliban pada ajang ini sudah luar biasa, karena bersaing banyak tim hebat lainnya dari politeknik se Indonesia.

"Ini sudah capaian yang terbaik bagi para mahasiswa kita, kami sudah sangat bangga, pada KMIPN  selanjutnya kita berjuang lagi untuk bisa juara pertama," katanya.

Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) merupakan ajang bergengsi untuk institusi perguruan tinggi vokasi di bidang informatika. 

Tahun 2022 ini merupakan 
penyelenggaraan empat kalinya setelah sukses diselenggarakan sebelumnya di Politeknik Negeri Malang tahun 2021, Politeknik Caltex Riau pada tahun 2019 dan 
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada tahun 2018. 

KMIPN IV kali ini pada 2022
diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam dengan tema "Indonesia Makin Cakap 
Informatika". 

Tema tersebut dipilih selaras dengan program SDM Unggul dari Presiden Republik Indonesia dan juga program Kampus Merdeka dari Menteri Pendidikan dan 
Kebudayaan. 

Penyelenggaraan kompetisi ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa Politeknik se Indonesia dalam membangun SDM Unggul di bidang Informatika. 

Pameran teknologi dan workshop juga menjadi rangkaian acara pada kegiatan ini untuk menambah 
wawasan dalam perkembangan teknologi serta memenuhi kebutuhan industri terkini.
Tim mahasiswa Poliban yang berprestasi di ajang Kompetisi Mahasiswa Bidang Informasi Politeknik Nasional (KMIPN) IV tahun 2022.(Antara/Poliban)
 
Tim mahasiswa Poliban yang berprestasi di ajang Kompetisi Mahasiswa Bidang Informasi Politeknik Nasional (KMIPN) IV tahun 2022.(Antara/Poliban)

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022