Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry mengambil sumpah dan melantik 129 kepala desa dari hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, rasa bangga dan gembira atas terlaksananya pelantikan dan pengambilan sumpah 129 kepala desa dari hasil pilkades serentak di HSS.

“Selamat kepada bapak dan ibu yang dilantik menjadi kepala desa, hiruk pikuk pilkades telah selesai, saya harap bapak ibu bisa menempatkan diri menjadi cerminan seorang kepala desa yang mengayomi semua warga desanya,” katanya, dalam sambutan, di Lapangan Lambung Mangkurat, Kota Kandangan, Kamis (28/7).

Ia juga berpesan kepada kepala desa terpilih untuk segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa  selama enam tahun (2022-2028), dengan menyesuaikan ketentuan-ketentuan hukum.

Baca juga: Keberatan hasil Pilkades HSS bisa menggugat ke PTUN

Selain itu, ia juga menekankan kepada para kepala desa untuk mengelola dana desa dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Jangan bermain-main dengan dana desa, satu Rupiah dana desa dipertanggungjawabkan dan langsung di audit oleh BPK,” katanya.

Dijelaskan dia, seorang kepala desa juga merupakan seorang pemimpin yang harus memiliki kemampuan manajerial, di mana kepala desa mengatur, mengelola para perangkat desa yang baik untuk menunjang kesuksesan program-program desa.

Sering kali dia katakan, seorang kepala desa merupakan pemimpin sehingga diharapkan para kepala desa terpilih ini bisa memberi contoh teladan di tengah masyarakatnya.

Baca juga: Posyandu Junjung Buih 2 wakili HSS ke lomba tingkat provinsi

Bisa menjadi pemimpin yang bisa memecahkan masalah, pemimpin yang bisa mendorong bawahannya bekerja dengan baik dan jangan jadi pemimpin yang selalu menyalahkan bawahannya.

Adapun tugas khusus kepada kepala desa terpilih yakni untuk dapat memacu dan menyukseskan vaksin booster, serta dalam upaya menuntaskan potensi stunting di HSS.

“Mari gerakkan semua potensi untuk meningkatkan capaian vaksin booster dan menurunkan angka stunting di HSS,” katanya.

Turut dihadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Forkompimda HSS, pejabat lingkup Pemkab HSS, pejabat instansi vertikal, para camat, Ketua TP.PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, para kepala desa terpilih beserta istri dan para tamu undangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022