Untuk meningkatkan minat pengunjung Perpustakaan Umum Daerah Kecamatan Daha Selatan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyelenggarakan lomba melukis dinding atau mural.

Lomba ini mengangkat tema "Literasi Lukisan untuk HSS Cerdas", dibuka secara resmi oleh Bupati HSS diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diperpursip) HSS, Hubriansyah, di halaman Gedung Perpustakaan Umum Daerah Daha Selatan, Desa Tumbukan Banyu.

"Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan lomba melukis dinding hari ini, yang mengambil tema literasi lukisan untuk HSS cerdas," kata Kepala Diperpursip HSS, Hubriansyah, Rabu (27/7).

Baca juga: HSS bakal miliki perpustakaan megah senilai Rp9,7 miliar

Dijelaskan dia, adanya lomba semacam ini akan menjadi media untuk mengembangkan minat dan bakat, dari para pembuat mural yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini.

Kegiatan ini dapat memberikan dampak positif meningkatkan minat baca, khususnya bagi generasi muda, sehingga mereka dapat terus menambah pengetahuan dari informasi membaca.

"Salah satu media untuk menggugah minat baca mereka adalah melalui lukisan dinding yang dilaksanakan lombanya ini," katanya.

Menurut dia, lomba ini akan menjadi sarana penguatan literasi guna mewujudkan HSS yang cerdas, sebagaimana tema kegiatan dan agar dapat menjadi kegiatan positif dan bermanfaat dalam rangka mencegah dampak negatif perkembangan zaman.

Baca juga: Lomba bertutur kata untuk tingkatkan minat dan gemar membaca di HSS

Dampak negatif tersebut seperti permasalahan narkotika, pergaulan bebas, serta ketergantungan terhadap gadget yang saat ini cenderung melanda generasi muda kita.

"Kami berterima kasih kepada jajaran Diperpursip HSS atas penyelenggaraan kegiatan ini, dan berharap ke depan kegiatan peningkatan literasi bagi warga HSS dapat ditingkatkan lagi," katanya, saat menyampaikan sambutan tertulis Bupati HSS, H Achmad Fikry.

Adapun peserta dalam kegiatan lomba melukis dinding ini berjumlah 17 orang, baik kelompok atau perorangan, yang berasal dari  HSS juga dari luar HSS dengan waktu pelaksanaan lima jam.

Turut hadi, Kapolsek Daha Selatan, Danramil Daha Selatan dan para staf Diperpursip HSS serta undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022