Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan( HSS) mengadakan lomba bertutur kata peserta didik tingkat SD sederajata tingkat Kabupaten HSS, tahun 2021 di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan HSS.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan HSS, H Hubriansyah di Kandangan, Rabu (31/3), mengatakan lomba bertutur kata merupakan agenda rutin setiap tahunnya, dengan mengangkat tema “Meningkatkan Minat dan Kegemaran Baca Siswa Menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan Cerdas dan Inovatif”.

“Lomba bercerita ini dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca dan kecintaan anak terhadap budaya lokal, dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas, dan inovasi generasi muda Indonesia,” katanya.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Pemkab HSS pasar murah dan bazar TII 11 kecamatan

Dijelaskan dia, melalui lomba bertutur kata ini diharapkan dapat meningkatkan budaya membaca anak-anak dan pengetahuan mereka, tentang cerita budaya lokal dapat ditingkatkan, sehingga generasi penerus mengetahui budayanya. Kreatif, cerdas dan inovatif yang selalu dekat dengan perpustakaan.

Menumbuh kembangkan minat baca dan budaya baca masyarakat dalam rangka agar masyarakat atau siswa ini memiliki kepeduliaan dengan perpustakaan, karena perpustakaan itu milik bersama.

Sekarang ini perpustakaan beradu dengan gadget, karena gadget ini banyak konotasi negatifnya bila tidak bisa memilah dan tidak diberikan bimbingan, maka anak dalam belajar tidak fokus lagi.

"Dengan cara seperti ini, kami memberikan ruang waktu untuk bisa mereka belajar membaca buku, sehingga dengan membaca buku pengetahuan mereka semakin bertambah," katanya.

Menurut dia, walaupun dengan cara seperti ini hanya salah satu alternatif, pihaknya mempromosikan bagaimana upaya agar siswa tunas bangsa ini dapat menjadi pemimpin bangsa nantinya.

Baca juga: Malam pengantar purna tugas administrator Pemkab HSS

Pemenang terbaik I akan membawa nama Kabupaten HSS ke tingkat Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel), pihaknya akan memberikan pembekalan sebagai persiapan bagi pemenang untuk bisa menjadi juara di tingkat provinsi.

Dan ke depannya kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun kreativitas dan pelestarian akan terus diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten HSS, salah satunya lewat lomba bertutur kata bagi murid SD sederajat tingkat kabupaten ini.

Dalam perlombaan ini Ananda Syafira Zahra menjadi pemenang I, Juara II diraih Saskia Medina Azzahra, Juara III diraih Putri Annida. Harapan I diraih Rona Kasih Salsabella, harapan II Putri Annisa dan harapan III diraih Muhammad Zeidan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021