Kabut asap menyelimuti beberapa kawasan Kabupaten Balangan, yang merupakan pemekaran Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) 2003, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pewarta Antara Kalsel dari Banjarmasin yang melakukan perjalana ke Bumi Sanggam, Sabtu melaporkan, kabut asap mulai terlihat sejak dinihari hingga pukul 07.00 Wita.

Di antaranya di wilayah Kecamatan Lampihong, yang berbatasan HSU, dan Kecamatan Batu Mandi, yang berbatasan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Namun kabut asap tersebut hanya tipis, sehingga tidak mengganggu kelancaran lalulintas, serta tak mempengaruhi kegiatan warga masyarakat setempat.

Munculnya kabut asap kemungkinan ada kebakaran. Pasalnya dari kabut asap itu tercium bau seperti ada sesuatu yang terbakar.

Sebagai catatan, selain kegiatan usaha perkebunan dan sub sektor pertanian tanaman pangan, daerah ini juga merupakan daerah pertambangan batu bara generasi pertama Kalsel.
Kabut asap tipis menyelimuti sebagian wilayah Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Sabtu (23/7/22) pagi. (Syamsuddin Hasan)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022