Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), di pusatkan di lapangan Basket, Kota Kandangan.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Kamis (21/7), mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2022 dan Hari Keluarga Nasional Ke-29, dengan tema yang diusung "Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting, Anak Terlindungi Indonesia Maju".

"Kami mengajak semua pihak untuk satukan komitmen, untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan Nasional, disamping perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan Nasional," katanya, saat memberikan sambutan kegiatan.

Dijelaskan dia, sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting sebagai pembangunan awal karakter bangsa.
 
Puncak peringatan Harganas dan HAN tahun 2022 di Kabupaten HSS. (Antara/Fathur)


Baca juga: Ketua TP PKK HSS terima penghargaan Satyalancana Wira Karya

Tema yang diangkat pada harganas kali ini masih sama seperti tahun lalu, yaitu fokus pada penurunan stunting anak. Untuk itu diharapkan harganas dapat menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penanganan stunting.

Lebih lanjut, ia menjelaskan angka prevelensi stunting di Indonesia sebesar 24,4 persen (SSGBI 2021), masih ada target besar untuk capai angka stunting 14 persen pada 2024.

"Karena itu keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting, peringatan harganas kali ini juga dimaksudkan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan," katanya.

Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.
 
Penyerahan beberapa penghargaan di Puncak peringatan
Harganas dan HAN tahun 2022 di Kabupaten HSS. (Antara/Fathur)


Baca juga: Wabup HSS pimpin rakor percepatan penurunan stunting di wilayah Daha

Tak lupa, ia juga mengucapkan selamat kepada Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry atas Setya Lencana Wira Karya oleh Presiden RI, Joko Widodo pada puncak Harganas Ke-29 tahun 2022 yang dilaksanakan di kota Medan, Sumatera Utara.

"Ini tentunya menjadi penyemangat bagi kita semua untuk bisa berbuat yang terbaik, khususnya dalam upaya mengatasi masalah stunting di HSS," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Dian Marliana, mengatakan harganas merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dalam upaya pembangunan sumber daya manusia, yang berdaya melalui keluarga berkualitas dengan nilai agama yang ditanamkan.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Sekda HSS, H. Muhammad Noor, Forkopimda, para kepala perangkat daerah, Ketua TP. PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, Ketua GOW HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Ketua DWP HSS, Elyani Yustika Muhammad Noor, dan para pelajar.

Baca juga: TPPS HSS lakukan pemetaan untuk penanganan stunting
 
Puncak peringatan Harganas dan HAN tahun 2022 di Kabupaten HSS. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022