Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Cerika bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Mendikbudristek) menggelar Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Tahun 2022 Kejuruan Aplikasi Komputer, di Marabahan, Kabupaten Barito Kuala.

Ketua Panitia Penyelenggara Sri Rahayu mengatakan, tujuan dari program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) untuk mendidik dan melatih peserta dengan keterampilan vokasi selaras dengan kebutuhan dunia kerja.

"Selain itu, kita juga mengikutsertakan peserta didik uji kompetensi agar terserap di dunia kerja,"ujar pimpinan LPK Cerika, pada pembukaan Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Tahun 2022, di BBC Marabahan, Selasa (05/07/2022).

Menurut dia, peserta mengikuti pendidikan tersebut sebanyak 34 orang  berusia 17 sampai 25 tahun yang masih belum bekerja dan tidak melanjutkan pendidikan.

"Peserta berjumlah 34 orang mengikuti pendidikan kecakapan kerja ini berdasarkan hasil seleksi administrasi, tes tertulis dan praktek serta wawancara,"ucapnya. 

Penyelenggara program PKK, jelas dia, bekerjasama dengan dunia kerja dalam bentuk surat dukungan penyelenggaraan program PKK dari dunia kerja atau memorandum of understanding (MoU) tentang pengembangan kurikulum program PKK, pelibatan instruktur dari dunia kerja dalam proses pembelajaran, pemagangan dan penyerapan lulusan PKK di dunia kerja.

Proses pembelajaran program PKK, terang dia,  dilaksanakan secara luring berjumlah 120 jam pelajaran, mulai tanggal 05 Juli sampai 12 Agustus 2022 atau 32 hari kerja. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pendidikan tersebut menggunakan kurikulum berbasis kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI), seperti pendidikan keterampilan, pendidikan karakter dan pengetahuan tentang peraturan ketenagakerjaan. 

"Instruktur dari lembaga penyelenggaran dan IDUKA atau industri dan dunia kerja memiliki sertifikat metodologi dan teknis dari lembaga sertifikasi nasional (LSK/LSP),"tegas Sri Rahayu.

Sementara,  Plt Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala Mahyuni menyambut baik adanya program pendidikan kecakapan kerja karrna membantu sumber daya manusia memiliki kompetensi,  khususnya di bidang komputer.

"Sudah banyak peserta didik dari lulusan LKP Cerika sudah bekerja. Pesan saya agar peserta didik bisa mengikuti pelatihan ini sampai selesai. Industri dan dunia kerja (IDUKA) yang bekerjasama dapat menyambut baik dengan adanya program ini, sehingga peserta juga dapat terserap dengan baik di dunia kerja,"harapnya. 

Pada acara tersebut juga dihadiri Manajer PT Sempurna Raya Sentosa Erfansyah,  perwakilan  PT Talenta Bumi Fakhri dan perwakilan CV Agra Batuah Indonesia Fadhil.
Perwakilan perserta dan tamu undangan mengikuti pembukaan Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Tahun 2022, di BBC Marabahan, Selasa (05/07/2022).Foto:Antaranews Kalsel/HO.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022