Sebanyak 500 anak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti sunatan massal yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) HSS bersinergi bersama TP-PKK HSS, Dinas Kesehatan HSS, dan PT Antang Gunung Meratus (AGM).

Ketua Baznas HSS H. Akhmad Suriani di Padang Batung, Senin (4/7), mengatakan kegiatan ini terlaksana sebagai salah satu program pendistribusian dan pendayagunaan Baznas HSS, yaitu program santunan massal tahun 2022.

"Tujuan diadakannya program ini semata-mata untuk membantu keluarga yang kurang mampu, untuk membiayai sunat anaknya," katanya.
 
Sunatan massal sinergi Baznas, PKK, Dinkes HSS dan PT AGM. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: TPPS HSS lakukan pemetaan untuk penanganan stunting

Dijelaskan dia, peserta sunatan massal 500 orang anak, dengan rincian 100 anak dibiayai oleh TP PKK HSS, 100 anak dibiayai PT AGM, dan 300 anak dibiayai oleh Baznas HSS, sedangkan obat-obatan sepenuhnya didukung Dinas Kesehatan.

Sunatan massal dilaksanakan selama dua hari, pada hari ini dilaksanakan di Kecamatan Padang Batung, Sungai Raya, Telaga Langsat, Loksado, Simpur, dan Kalumpang.

Sementara, hari kedua dilaksanakan hari Selasa(5/7) mencakup Kecamatan Kandangan, Angkinang, Daha Selatan, Daha Utara, dan Daha Barat.

Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry mengapresiasi yang setinggi-setingginya dan menyambut baik terlaksananya kegiatan mulia ini, dan berharap melalui kegiatan ini turut meringankan beban keluarga yang kurang beruntung.

"Kita do'akan untuk anak - anak yang mengikuti kegiatan sunatan massal ini menjadi anak-anak yang shaleh, taat kepada Allah Subhanahu WaTaala dan orang tua, serta berguna bagi agama, bangsa, dan negara," katanya, saat membuka sunatan massal di Kecamatan Padang Batung.
 
Sunatan massal sinergi Baznas, PKK, Dinkes HSS dan PT AGM. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Launching Dashat di kampung keluarga berkualitas Desa Lungau

Menurut dia, melalui sunat ini seorang anak juga diajarkan akan arti pentingnya kesehatan dan kebersihan, karena khitanan adalah salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam agama Islam, yang uga berguna bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Setelah membuka kegiatan di Kecamatan Padang Batung, Ketua TP PKK HSS bersama rombongan didampingi Ketua Baznas HSS bertolak ke Kecamatan Loksado untuk meninjau pelaksanaan kegiatan massal yang diadakan di Puskesmas Loksado dengan jumlah peserta 40 anak.

Setelah itu rombongan juga menyempatkan diri untuk memantau langsung pelaksanaan pembangunan Masjid Al-Ettihad, yang terletak di Jalan Malaris, Desa Loksado, Kecamatan Loksado.
 
Sunatan massal sinergi Baznas, PKK, Dinkes HSS dan PT AGM. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022