Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin tahun ini merehabilitasi seluruh bangunan Pasar Kasatriaan, Jalan Veteran Sungai Lulut, Banjarmasin Timur.


"Rehab berat istilahnya akan kita lakukan terhadap pasar tradisional itu, dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," ujar Kepala Disperindak Kota Banjarmasin Esya Zain, Selasa.

Diutarakan dia, instansinya mendapat kucuran DAK pada 2016 ini dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI sebesar Rp2,2 miliar untuk program perbaikan pasar tradisional.

"Karena hasil penilaian pasar Kesatriaan kondisinya sudah sangat memperihatinkan, maka ditetapkan pasar tersebut yang mendapatkan rehab berat, dengan pagu anggaran Rp2,2 miliar dari DAK itu," paparnya.

Esya menyatakan, instansinya hanya sebagai perekomendasi dengan menggandeng dinas pengelolaan pasar, untuk menjadikan pasar Kesatriaan itu berkatagore pasar tradisional modern.

"Jadi bukan instansi kita yang membangunnya, kita hanya pemberi rekomendasi, namun tetap bentuk pembangunannya harus berkonsultasi dengan instansi kita," paparnya.

Pihaknya meminta, ujar Esya, bangunan pasar itu nantinya dengan rangka baja, yang bagian atasnya dibangun tinggi, dan lapak-lapak berbagai komodeti perdagangan ada blok-blok khususnya.

"Kita juga meminta diakomodir pendapat para pedagang di sana bagaimana maunya, tentunya yang sesuai dengan kondisi dan luas wilayah pasar," bebernya.

Terkait pembagian lapak, ungkap Esya, pihaknya menyerahkan kepada dinas pengelolaan pasar nantinya untuk mengatirnya, sebab bukan bidang instansinya hal tersebut.

"Sebab kita tidak begitu tahu berapa banyak pedagang di sana, jadi dinas pasar kita minta melakukannya dengan baik," paparnya.

Selain itu, tutur dia, pihaknya mengharapkan pengelolaan toilet nantinya yang baik di pasar itu, hingga pengunjung bisa nyaman berkunjung di sana, yang imbasnya untuk kemajuan pasar tersebut.

"Termasuk juga drainasenya diperbaiki, hingga lokasi pasar benar-benar bisa bersih," ujarnya.

Menurut dia, program perbaikan pasar yang dilakukan pihaknya dari bantuan pusat ini juga didapatkan tahun lalu, yakni, memperbaiki pasar Kampung Gadang.

"Kita harap dengan dilakukannya semua ini, kondisi perdagangan di daerah kita ini akan bisa terus maju, hingga perekonomian daerah bisa meningkat," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016