Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Balai Benih Ikan Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengusulkan sertifikat Cara Pembenihan Ikan Yang Baik (CPIB) untuk jenis ikan Patin dan Betok (Papuyu).


Kepala Balai Benih Ikan (BBI) Desa Kambitin Elzam Fikri di Tanjung, Senin mengatakan, usulan untuk mendapatkan sertifikat CPIB sudah disampaikan ke Kementerian Perikanan dan Kelautan.

"Usulan sertifikat CPIB untuk jenis ikan patin dan betok disampaikan pada tahun anggaran 2015 dan sebelumnya BBI Desa Kambitin juga mendapatkan sertifikat dari Kementerian Perikanan dan Kelautan," jelas Elzam.

Untuk Kalimantan Selatan selain BBI Desa Kambitun, BBI Gunung Manau Kabupaten Balangan dan Balai benih ikan air tawar (BBIAT) Provinsi Kalsel juga mendapatkan sertifikat CPIB.

Saat ini UPT BBI Desa Kambitin dan Jaro Dinas Peternakan dan Perikanan Tabalong telah mengembangkan benih ikan patin, betok, gurame, lele dumbo, Sepat siam dan biawan.

Dengan distribusi tidak sebatas wilayah Tabalong namun mencakup Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

"Saat ini produksi benih terbanyak jenis ikan patin dan betok dengan distribusi hingga luar Tabalong seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur," jelas Elzam.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016