Perusahaan tambang batubara yang dikelola oleh PT Borneo Indobara (BIB) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mendukung penuh pemerintah setempat dalam mengatasi abrasi di pesisir pantai.

Enviroment dan Reclamation Manager PT BIB, Yudha HES di  Sungai Loban mengatakan, upaya yang dilakukan oleh pihak perusahaan yakni dengan melakukan aksi nyata penanaman pohon mangrove dan bersih pantai di Pantai Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban sebanyak 2000 bibit pohon mangrove, 50 bibit pohon tabebuya serta pemberian kotak sampah kepada pengurus tempat wisata pantai Tebing.

"PT Borneo Indobara konsisten setiap tahun kita selalu memperingati hari lingkungan hidup dunia dengan melakukan beberapa kegiatan, diantaranya penanam pohon di seluruh wilayah pesisir pantai yang ada di Tanah Bumbu," katanya.

Ia menjelaskan, dari hasil koordinasi antara PT BIB dengan pemerintah daerah terutama Dinas Lingkungan Hidup, tahun ini telah disepakati melakukan aksi tanam pohon mangrove di Pantai Sungai Dua Laut.

Pertimbangan aksi tanam pohon di lokasi tersebut mengingat lokasinya masuk dalam peta area kritis yang perlu diperbaiki.

Selain itu, Pantai Sungai Dua Laut merupakan objek wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi, sehingga dilaksanakan kegiatan ini adalah bagian dari promosi atau mengenalkan objek wisata pantai kepada masyarakat luas.

"Sebelumnya, PT BIB juga melaksanakan aksi tanam pohon di beberapa pesisir pantai yang ada di Tanah Bumbu salah satunya di Desa Setarap seluas seperempat hektare, di Pantai Angsana dan Pantai Sungai Dua Laut seper empat hektare. Kegiatan ini telah masuk dalam program kampanye lingkungan yang telah dianggarkan setiap tahunnya" ujarnya.

Peran aktif masyarakat dalam menjaga tanaman dan juga kebersihan lokasi wisata ini sangat diharapkan,sehingga menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Peran serta perusahaan,pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan juga perkembangan pariwisata," pungkas Yudha HES.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022