Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Penjabat Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Martinus melantik 60 pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrasi dan pejabat pengawas di lingkungan pemerintah kota setempat.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah puluhan pejabat dalam rangka mutasi dan promosi dilaksanakan di aula Gawi Sabarataan lingkup Pemkot Banjarbaru, Jumat.

"Pelantikan puluhan pejabat ini sah karena telah mendapatkan izin resmi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo," ujar Martinus usai pelantikan yang dihadiri pejabat dan anggota DPRD.

Ia mengatakan, pelantikan ini merupakan pelantikan pertama setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dijelaskan, sesuai aturan terbaru tentang kepegawaian tersebut, pejabat pemerintah tidak lagi memakai istilah eselon II, III atau eselon IV seperti penyebutan sebelumnya.

"Mutasi pejabat dan pengisian jabatan bagi pegawai yang promosi sudah melalui prosedur yang benar dan pemilihannya dilakukan cukup selektif," ucap Kadis PU Kalsel itu.

Ditekankan, pelantikan pejabat itu diharapkan menjadi suatu momentum guna mewujudkan optimalisasi kinerja aparatur pemerintah Kota Banjarbaru di seluruh bidang.

"Harapan kami, pejabat yang baru mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sekaligus bisa memberi semangat baru untuk menata pemerintahan lebih baik," ucapnya.

Ditegaskan, pelantikan bukan sebatas formalitas pendistribusian jabatan, melainkan sarana penguatan, pengembangan, dan pemberdayaan potensi diri aparatur.

Sementara itu, pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik sebanyak lima orang yakni Burhanuddin menjadi Kadis Pendidikan, Muhammad Hamridy sebagai Asisten Ekobang Setdako.

Kemudian, Jainudin menjadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Suriansyah Kadispenda dan Ahmadi Arsyad yang sebelumnya Kadis Pendidikan menjadi Staf Ahli wali kota.

Sedangkan pejabat administrasi yang dilantik dan diambil sumpah oleh penjabat wali kota sebanyak 25 orang dan pejabat pengawas sebanyak 30 orang.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016