Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia yang berpusat di Kalimantan Selatan meraih penghargaan Kalpataru.

"Kita baru saja dapat informasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI bahwa Sahabat Bekantan Indonesia raih Kalpataru," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, Sahabat Bekantan Indonesia dapat anugrah Kalpataru katagori penyelamat lingkungan.

"Menurut kita sudah sangat tepat Sahabat Bekantan mendapat anugerah itu, karena sudah lama berkiprah menyelamatkan kehidupan bekantan," ujarnya.

Hanifah menyatakan, konservasi yang dilakukan Sahabat Bekantan Indonesia terhadap kera berhidung panjang tersebut dari kepunahan sudah luar biasa.

Semangat Sahabat Bekantan Indonesia diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk sama-sama melestarikan satwa endemik asal Kalimantan tersebut.

"Kita harapkan ini diteruskan generasi selanjutnya," tutur Hanifah.

Sebenarnya, kata dia, perjuangan agar Sahabat Bekantan Indonesia mendapatkan anugerah Kalpataru atau penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia tersebut untuk tahun 2021.

"Namun karena ada sedikit persyaratan yang harus dipenuhi akhirnya tahun 2022 ini didapatkan," ujarnya.

Menurut dia, secara personal atau Ketua Sahabat Bekantan Indonesia, Amelia Rizki, kiprahnya yang luar biasa berjuang melakukan konservasi kera Bekantan bersama para sahabatnya.

"Bahkan kegiatan mereka ini juga untuk menjual pariwisata di wilayah konservasi Bekantan di Pulau Curik," ujar Hanifah.

Dengan kiprah mereka ini, pariwisata Kalsel dengan adanya konservasi Pulau Curik ini hingga internasional.

"Banyak wisatawan asing yang liburan musim panas di daerah mereka ke sini, mereka mempelajari bagaimana kera Bekantan ini," ujarnya.

Dia pun menyampaikan, anugrah Kalpataru ini merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, hingga jadi kebanggaan daerah Kalsel sebagai semangat semua untuk melestarikan lingkungan dan satwa di dalamnya.
Ketua Sahabat Bekantan Indonesia Amelia Rizki.(Antara/dok Ant)

Pewarta: Sukarli

Editor : Nurul Aulia Badar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022