Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalimantan Selatan melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengumumkan kloter 1 Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan pada 12 Juni 2022 adalah gabungan Jamaah Calon Haji (JCH) dari Tabalong, Balangan dan Banjar.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Rabu, mengatakan Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 1443 H atau 2022 ini akan memberangkatkan sebanyak 2.482 orang JCH, yakni dari Kalsel sebanyak 1.743 orang dan dari Kalteng sebanyak 739 orang.

"Ini terbagi pada 7 kloter, 4 kloter penuh dari Kalsel, 2 kloter penuh dari Kalteng dan 1 kloter gabungan Kalsel dan Kalteng," ujarnya.

Untuk kloter 2 JCH dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjar dan Kota Banjarbaru. Kloter 3 JCH dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, Tapin, Barito Kuala dan Kota Banjarmasin.

Sementara itu kloter 4 JCH dari Kabupaten Tanah Laut, Kotabaru, Tanah Bumbu dan Banjarmasin. Kloter 5 dan kloter 6 JCH dari Provinsi Kalimantan Tengah. 

Sedangkan kloter 7 dari Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin, dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Tambrin menerangkan bahwa tujuh Kloter tersebut akan diberangkatkan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama kloter 1 sampai dengan kloter 5, selanjutnya untuk gelombang kedua kloter 6 dan 7.

"Secara garis besar pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dibagi menjadi dua gelombang. Jemaah haji gelombang pertama akan mendarat di bandara Madinah dan pemulangan melalui bandara Jeddah," tuturnya.

Sedangkan gelombang kedua mendarat di Jeddah dan dipulangkan melalui Madinah, kata Tambrin lagi.

Sesuai dengan ketetapan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag,  jumlah jamaah haji dalam 1 kloter Embarkasi Banjarmasin adalah 360 orang JCH. 

Para JCH tersebut terdiri atas 356 orang JCH dan 4 orang petugas kloter, yakni 1 ketua Kloter, 1 pembimbing ibadah dan 2 petugas kesehatan.

Terkait kesiapan pelaksanaan operasional pemberangkatan jemaah haji dari Embarkasi Banjarmasin secara umum Tambrin mengatakan, pihaknya beserta stakeholder siap menyukseskan penyelenggaraan pemberangkatan jemaah haji tahun ini.  

"Kemenag Kalsel telah melakukan koordinasi melalui beberapa kali rapat dengan stakeholder, di antaranya PT Angkasa pura, KKP, Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan, dan Alhamdulillah semuanya sudah melakukan persiapan sesuai bidangnya," terang Tambrin.

Baca juga: Empat PPIH dari Kalsel siap bertugas ke Arab Saudi
Baca juga: Pemkab HSS fasilitasi pemberangkatan CJH ke embarkasi
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022