Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mengajak seluruh masyarakat untuk saling hormat menghormati budaya dan adat istiadat sehingg tercipta kerukunan dan ketenangan bermasyarakat.

"Banjarbaru adalah kota multietnis dengan penduduk yang heterogen termasuk budaya dan adat istiadat sehingga kami mengajak saling hormat menghormati," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.

Pernyataan itu disampaikan wali kota usai menutup Pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo dengan tema "Borneo in harmony 3" yang digelar dengan tujuan melestarikan budaya khususnya budaya suku Dayak.

Menurut wali kota, kegiatan bertajuk seni dan budaya daerah seperti ini, sangat baik ditunjukan kepada khalayak umum untuk mengingatkan keberagaman adat budaya etnis agama dan suku di sekitar.

Apalagi, kata dia, Banjarbaru adalah kota multi etnis yang dihuni berbagai  baik suku Banjar, suku Sunda, Jawa, Madura, Batak, Bugis, Ambon, Papua, atau juga Dayak yang adat istiadat dan agamanya pun berbeda.

"Keberagaman ini lah yang harus kita ingat dan disikapi dengan rasional, menjaga tenggang rasa dan saling memahami perbedaan sebagai sebuah kekayaan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Diharapkan, sikap terbiasa bersama dalam perbedaan, bisa mempererat kerukunan dan keharmonisan yang sudah terjalin di tengah kehidupan masyarakat Banjarbaru yang sangat memengaruhi roda pembangunan.

Ketua Komdatus Kalsel Benyamin Uhil mengatakan, kegiatan yang digelar empat hari berjalan lancar dan menarik antusias masyarakat terutama pengunjung mal yang ingin melihat budaya Dayak Borneo.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan sehingga bisa lancar dan sukses. Semoga kegiatan ini bisa kembali digelar tahun 2023 dengan lebih meriah," ucapnya.

Diharapkan pula, kegiatan didukung Pemkot Banjarbaru dan pihak lain karena pelaksanaan juga bertujuan menyemarakan peringatan hari jadi kota Banjarbaru yang diperingati setiap tanggal 20 April.

Penutupan kegiatan yang dipusatkan di sebuah mal itu, juga dihadiri Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah, unsur Forkopimda, Kepala Disporabudpar Banjarbaru, Kepala Kesbangpol, dan undangan lainnya.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022