Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Thamrin menyatakan, masuk sekolah madrasah pasca libur Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ini sementara secara daring.

Thamrin di Banjarmasin, Senin, menyatakan, awal masuk sekolah secara serentak untuk Madrasah semua jenjang pada hari ini, yakni, 9 Mei 2022, namun tidak dilaksanakan secara tatap muka atau pembelajaran tatap muka (PTM).

Ini, ujar dia, sesuai surat instruksi Kementerian Agama RI dikeluarkan Dirjen Pendidikan Islam tertanggal 6 Mei 2022 bahwa pembelajaran pasca libur lebaran di madrasah pada 9--11 Mei 2022 dilaksanakan secara online (daring).

"Kami di daerah tentunya mengikuti dan mensosialisasikan SE tersebut pada seluruh madrasah untuk dilaksanakan," papar Thamrin.

Secara khusus, ujar dia, SE ini untuk mengurai kemacetan setelah libur panjang, yakni, arus balik mudik, di mana di Kalsel juga bisa mengikutinya.

Dengan pertimbangan, kata dia, sinkronisasi di pusat dan daerah, karena ada kemungkinan siswa yang masih belum balik dari pulang kampung.

Pertimbangan utama tentunya terkait penanganan COVID-19 pasca libur panjang Ramadhan dan Idul Fitri ini, mobilitas masyarakat tinggi, mayoritas masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Dikhawatirkan, ucap Thamrin, ada peserta didik yang diperjalanan atau di kampung halamannya terkonfirmasi positif COVID-19 bahkan tanpa gejala hingga bisa menularkan ke lainnya.

"Jika dia ikut pembelajaran tatap muka maka penyebarannya jadi lebih cepat," ujarnya.

Namun kewaspadaan untuk pembelajaran pasca libur Ramadhan dan Idul Fitri ini tidak lama, hanya tiga hari, yakni, 9--11 Mei 2022.

"Tanggal 12 Mei 2022 sudah diperbolehkan madrasah menggelar pembelajaran tatap muka," kata Thamrin.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022