Berkah lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah jasa tukang cukur rambut di Kabupaten Balangan kebanjiran pelanggan berkat tradisi umat Muslim dalam menyambut hari kemenangan tersebut dengan membersihkan atau merapikan diri salah satunya mencukur rambut.

Menurut Jalal tukang cukur rambut, sejak dua pekan sebelum lebaran kios pangkas rambutnya yang terletak di Jalan A Yani Kelurahan Batu Piring itu selalu dipadati orang yang akan menggunakan jasanya.

"Menjelang lebaran ini sangat ramai, dari pagi buka hingga malam bahkan saya hampir tidak ada duduk karena banyaknya pengunjung," kata dia kepada ANTARA di Paringin, Minggu.

Dia melanjutkan, sejak 2019 lalu menjadi tukang cukur rambut, Jalal mengaku pada hari-hari biasa dirinya melayani belasan pelanggan dalam sehari, namun menjelang lebaran naik dua kali lipat, lebih dari 40 pelanggan perharinya.

Kios pangkas rambutnya dibuka mulai pukul 10.00 pagi hingga menjelang Dzuhur istirahat, kemudian lanjut melayani lagi mulai pukul 14.00 WITA hingga istirahat menjelang Maghrib, dan malam buka kembali hingga tutup pukul 22.00 WITA.

Untuk menggunakan jasanya, Jalal mematok harga Rp15 ribu untuk dewasa dan anak-anak lebih murah yakni Rp10 ribu. Di hari-hari menjelang lebaran, ia mampu mendapatkan lebih kurang Rp500 ribu per hari.

Sementara Darmawan, salah satu pelanggan pangkas rambut mengatakan dirinya sengaja memangkas rambut menjelang Idul Fitri agar terlihat rapi saat lebaran tiba.

"Kalau cukur rambut sebelum Ramadhan ya akan nanti panjang lagi, jadinya sekalian aja pas mau lebaran ini dipotong, supaya pas salat Ied dan bersilaturahmi kepada kerabat nanti terlihat rapi," pungkasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022