Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan melaporkan arus mudik lebaran 1443 Hijriah di Terminal Tipe B kilometer 6 Banjarmasin naik signifikan mencapai seribuan penumpang pada Jumat (29//2022).

Dishub Kalsel melalui Kepala UPT Terminal Tipe B km 6 Banjarmasin Tommy Hariadi hari ini melaporkan penumpang di terminal km-6 terpantau lebih ramai dari hari sebelumnya. "Khususnya untuk jurusan antarprovinsi, sudah naik sekitar 100 persen," ujarnya, Jumat.

Menurut dia, khusus untuk jurusan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) tujuan Samarinda, Kalimantan Timur naik signifikan. "Untuk jurusan Samarinda saja sudah 12 bus berangkat dengan estimasi di atas 25 orang per bus naik dari terminal km 6 Banjarmasin," tuturnya.

Belum lagi penumpang untuk jurusan lainnya, yakni ke Palangkaraya, Sampit, juga Tamiyang Layang hingga Buntok , Kalimantan Tengah, juga naik signifikan pada hari ini.

Pada saat yang sama, tambah Tommy, terminal juga dipadati penumpang untuk jurusan antarkota dalam provinsi (AKDP), yakni jurusan Banua Enam meliputi Tapin, Kandangan, Barabai, Amuntai, Tanjung dan Balangan.

Jurusan AKDP lainnya adalah Pelaihari, Batulicin dan Kotabaru. Perkiraaannya total penumpang terpantau juga naik 100 persen.

"Jadi perkiraan kita lebih dari 1.000 penumpang hari ini berangkat dari terminal km 6 hari ini, semua jurusan itu, baik AKAP maupun AKDP," ujarnya.

Di hari-hari biasa di luar momen mudik lebaran, maksimal penumpang yang datang dari semua jurusan sekitar 500 orang.

Menurut Tommy, kondisi ini terjadi dengan mulainya libur bagi ASN, sehingga arus mudik lebaran mulai memuncak.

"Kita perkirakan hingga besok (30/4/2022) puncak mudik akan terjadi," ujarnya.

Pihaknya sebagai pengelola terminal sudah menyiapkan memuncaknya penumpang mudik lebaran ini, yakni dengan mendirikan pos pengamanan. Selain itu, juga ada pos kesehatan dan layanan vaksinasi COVID-19.
Suasana terminal KM-6 Banjarmasin terpantau mulai ramai jelang Idul Fitri 1443 Hijriah, Jumat (29/4/2022) Antara/HO)

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022