Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Banjar, Kalimantan Selatan Khalillulrahman dan Saidi Mansyur (Khos) memenangkan pemilihan kepala daerah di kabupaten itu.

Ketua KPU Banjar Ahmad Faisal di Kota Martapura, Jumat mengatakan, kemenangan pasangan yang diusung PKB, Nasdem dan PKPI terlihat dari hasil rekapitulasi perhitungan suara.

"Hasil rekapitulasi perhitungan suara pasangan Khos jauh melampaui perolehan suara tiga pasang calon bupati dan wakil bupati yang bersaing dalam pilkada," ujarnya.

Disebutkan, perolehan suara yang diraup pasangan Khos 114.863 suara dan kemenangan hampir merata di seluruh kecamatan dari 20 kecamatan yang tersebar di kabupaten itu.

Perolehan tiga pasang calon bupati dan wakil bupati yakni Fauzan Saleh - Teja Sukmana (Fasja) mengumpulkan 61.004 suara dan Abidinsyah-Mawardi Abbas (Abdi) sebanyak 39.360 suara.

Sedangkan pasangan calon bupati Gusti Chairiansyah dan wakil bupati Abdul Hadi Al Hafiz (HPC-HD) yang diusung sejumlah partai politik hanya mencapai 32.775 suara.

"Perolehan suara setiap pasangan calon sudah ditetapkan melalui rapat pleno rekapitulasi suara yang berasal dari seluruh kecamatan dan sejauh ini tidak ada yang keberatan," ucapnya.

Menurut dia, sesuai ketentuan, jika ada yang keberatan dan melayangkan gugatan atas penetapan rekapitulasi perolehan suara itu maka diberikan waktu selama tiga hari.

"Gugatan bisa dilayangkan selama 3x24 jam setelah penetapan namun kami berharap seluruh pihak dapat menerima penetapan hasil perolehan suara itu," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya menjadwalkan penetapan pemenangan pilkada Banjar dilaksanakan, Selasa (22/12) yang akan mengundang pasangan calon dan pihak terkait lainnya.

"Penetapan pemenang pilkada akan dilaksanakan secara terbuka dan kami berharap acara berjalan lancar tanpa ada hambatan, dan semua pihak bisa menerima hasilnya," kata dia.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015