Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan diharapkan bisa menjadi motor dalam program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial di Kalimantan Selatan tahun 2022.

"Kami berharap Kabupaten Balangan ini menjadi motor untuk Kalimantan Selatan di tahun 2022 ini, sehingga bisa menginspirasi kabupaten-kabupaten lain di Kalsel karena Balangan ini sudah mulai terstruktur pelaksanaannya," kata Konsultan Perpustakaan Nasional RI Syaicho Aziz di Paringin, Jum'at.

Dia melanjutkan, setelah memonitoring kegiatan dari Dispersip Balangan ini hasilnya cukup membanggakan, karena dirasanya berbagai kegiatan sudah berjalan dari apa yang Dispersip rencanakan sebelumnya.

Selain itu, pihaknya juga siap meyakinkan kepada Perpusnas bahwa Kabupaten Balangan sudah siap mengimplementasi program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial pada tahun 2022 ini.

Sementara Kepala Dispersip Balangan, Tamrin menjelaskan pada tahun 2022 Kabupaten Balangan melalui Dispersip ini mendapatkan kepercayaan dari Pemprov dan pusat, menjadi salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang menerapkan perpustakaan berbasis inklusi.

"Ini adalah sebuah penghargaan sekaligus tantangan bagi kami, agar bisa melakukan program ini dengan betul-betul dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan," jelas Tamrin.

Menurut dia, perpustakaan berbasis inklusi adalah bagaimana untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui perpustakaan, seluruh informasi yang bersumber dari buku maupun literasi yang ada akan diterapkan di Kabupaten Balangan.

"Ke depan kami juga melakukan beberapa kerjasama dengan stakeholder seperti hari ini dengan dinas pendidikan dan Kemenag melalui sekolah, yaitu untuk meningkatkan SDM menuju ke arah SDM yang lebih unggul," tuturnya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut dilakukan kerjasama berbentuk MoU terkait layanan perpustakaan keliling dan layanan perpustakaan pada LKSA Al-Tamar dengan beberapa sekolah mulai dari tingkat TK hingga SLTA di Kabupaten Balangan, yang langsung dimonitoring oleh Konsultan dari Perpustakaan Nasional RI.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022