Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Dua petahana berhasil memenangkan pemilihan kepala daerah atau pilkada tahun 2015 pada tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan.


Informasi yang diperoleh di Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, dua petahana yang memenangkan pilkada 2015 tersebut di Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Kedua kabupaten dibentuk April 2003.

Petahana yang memenangkan pilkada di "Bumi Sanggam" Balangan adalah Ansharudin, sebelumnya sebagai Wakil Bupati setempat (2010-2015) mendampingi H Sefek Effendi yang dua periode menjadi kepala daerah.

Kemudian H Mardani H Maming yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalsel kembali terpilih menjadi Bupati Tanbu untuk periode kedua (2015-2021).

Sedangkan petahana yang gagal memenangkan pilkada di kabuaten/kota setempat ada empat, yaitu mantan Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasyid, mantan Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor dan Bupati Kotabaru H Irhami.

Selain itu, mantan Wakil Bupati Banjar H Fauzan Saleh (periode 2010-2015) yang sebelumnya mendampingi H Pangeran Khairul Saleh sebagai orang nomor satu di jajaran pemerintah kabupaten (pemkab) tersebut.

Begitu pula mantan Sekda Tanbu dan Sekretaris Kota Banjarmasin H Zulfadli Gazali gagal memenangkan pilkada di kota yang berjuluk "seribu sungai" itu.

Pilkada 2015 pada tiga kabupaten tersebut, untuk HST dimenangkan H Abdul Latief dari Partai Golkar, sedangkan di Kabupaten Banjar dimenangkan KH Chalilul Rahman, pengasuh pondok pesantren yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara di Kota Banjarbaru dimenangkan mantan Camat Landasan Ulin Banjarbaru Nadjm Adhanii yang maju dalam pilkada melalui jalur independen atau perorangan.

Untuk pilkada di Banjarmasin, ibu kota Kalsel dimenangkan pasangan Ibnu Sina dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Hermansyah (PDIP). Ibnu Sina dan Hermansyah sama-sama mantan anggota DPRD Kalsel tiga periode yang mengundurkan diri ketika mencalonkan diri.

Di Kotabaru, kabupaten paling timur Kalsel itu dimenangkan pasangan H Sayid Ja`far (pengusaha dari Partai Golkar) dan Burhanuddin (mantan anggota DPRD Kalsel 2009-2014 dari PBR kemudian bergabung dengan PKS pada Pemilu 2014).

Pewarta: Syamsuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015