Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menghijaukan wilayah kota setempat dengan melakukan penanaman pohon saat peringatan Hari Bumi 2022.

Dalam rapat persiapan peringatan Hari Bumi 2022 di ruang kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) setempat, Rabu petang disepakati peringatan tersebut akan melibatkan puluhan anggota komunitas atau penggiat lingkungan.

Rapat yang dipimpinan Naniek dari BLHD itu pun menyepakati bahwa aksi secara simbolis terpusat di Pulau Insan Jalan Jafri Zamzam Banjarmasin Barat, dengan melakukan penanaman pohon rambai padi untuk kawasan sungai dan pohon Tabubuya di daratan.

Selain itu, akan ditanam pula pohon, tanaman khas lokal seperti ramania, kasturi juga pohon ulin. BLHD sendiri menyediakan ribuan bibit pohon penghijauan tersebut.

Selain di Pulau Insan, juga ada penanaman serentak di peringatan serupa untuk 30 lokasi yang akan dilakukan oleh penggiat lingkunan yang tergabung dalam Maharagu Sungai.

Pohon yang disiapkan di 30 lokasi tersebut adalah jenis bambu dan rambai padi, karena dua jenis tanaman ini selain mampu memberikan keindahan terhadap sungai sekaligus menjadi pagar sungai agar bisa menahan abrasi.

Hadir dalam rapat persiapan tersebut selain pejabat di lingkungan BLHD juga Mohammad Ary dari Forum Komunitas Hijau (FKH), Akhmad Arifin dari Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) serta Paman Anum dari Perkumpulan Hijau Daun (PHD) Banjarmasin.

Hari Bumi Sedunia, atau dikenal sebagai Earth Day, diperingati setiap tanggal 22 April. Peringatan ini digagas oleh Senator Amerika Serikat yang juga pengajar lingkungan hidup Gaylord Nelson pada 1970 menandai lahirnya gerakan lingkungan hidup di zaman modern.

Hari Bumi dirayakan di seluruh dunia untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini, yaitu bumi.

Baca juga: Pemkot ajak komunitas FKH hijaukan Kota Banjarmasin
Baca juga: Wali Kota Banjarmasin beri tambahan nama jembatan HKSN tokoh legenda "Patih Masih"
Baca juga: Disdukcapil Banjarmasin: KTP digital segera difungsikan

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022