Komitmen dengan berbagai upaya inovasi terus dilakukan secara maksimal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), salah satunya dalam tujuan mencapai Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City).

Pemkab HSS melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) telah mengikuti penilaian Program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City), yang dilaksanakan secara virtual oleh Tim Aksesor dari Kementerian Kominfo RI, di ruang Media Center Setda HSS, Senin (11/4).

"Kami memaparkan berbagai hal terkait kesiapan HSS menjadi Kota Cerdas atau Smart City. Ini adalah kali pertama HSS mengikuti penilaian dan merasa bangga dan optimis untuk membangun Smart City di Kabupaten HSS 2023," kata Kepala Diskominfo HSS Hj Rahmawati.

Baca juga: Audiensi pengawasan pembangunan HSS gandeng komunitas IDN

Dijelaskan dia, teriring harapan dengan adanya Smart City ini HSS mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya, serta meminta arahan dan masukan dari tim penilai terkait diadakannya smart city di HSS.

Visi, misi, regulasi, serta masterplan yang telah dirancang untuk menyiapkan Smart City di Kabupaten HSS, di  antaranya penguatan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) serta persiapan daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan verifikasi yang berlangsung cukup intens oleh tim penilai seputar kesiapan Kabupaten HSS dalam program gerakan menuju Smart City tersebut.

Penilaian ini bertujuan memilih sebanyak 50 kabupaten atau kota yang seterusnya akan mendapatkan pendampingan penyusunan masterplan Smart City dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, kerjasama beberapa kementerian pada tahun 2023 mendatang.

Baca juga: Evaluasi dan peningkatan kapasitas SDM untuk admin satu data HSS

Oleh sebab itu, pada hari ini HSS berkesempatan untuk menjelaskan serta memaparkan kondisi penggunaan dan pengembangan TIK dalam rangka pembangunan Smart City.

"Dengan mengikuti penilaian ini tentunya Kabupaten HSS memiliki peluang menjadi salah satu dari 50 kabupaten atau  kota yang akan mendapatkan pendampingan tersebut," katanya.

Turut hadir, Asisten Administrasi Umum, Iwan Friady, Kepala Bappelitbangda HSS, M. Arliyan Syahrial, dan Kepala Bidang TIK Diskominfo HSS, Syamsuddin Ideris yang membidangi atau mengelola perencanaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022