Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan Ahmad Faisal mengatakan, kesiapan untuk menggelar pemilihan kepala daerah setempat sudah rampung atau bisa dikatakan telah mencapai 100 persen.


"Seluruhnya sudah siap sehingga boleh dikatakan kesiapannya mencapai 100 persen, tinggal distribusi logistik ke PPK di kecamatan hingga KPPS," ujarnya di Martapura, Minggu.

Ia mengatakan, seluruh logistik pilkada sudah siap sehingga tinggal didistribusikan secara bergiliran dengan sistem pengiriman ke wilayah yang lokasi jauh didahulukan.

Dijelaskan, hal itu dilakukan agar logistik di wilayah yang jauh bisa segera disiapkan sehingga tahapan pemungutan suara di daerah tersebut terlaksana sesuai jadwal.

"Seluruh logistik pilkada sudah didistribusikan ke wilayah yang jauh seperti Kecamatan Paramasan, Telaga Bauntung, Sungai Pinang, Aranio dan Tatah Makmur," ungkapnya.

Sementara, logistik pilkada untuk kecamatan lain yang letaknya lebih dekat dan mudah dijangkau, dikirim dua hari menjelang pelaksanaan pilkada 9 Desember 2015.

"Sesuai rencana, distribusi seluruh logistik pilkada selesai dua hari dari pemungutan suara sehingga sehari sebelumnya, logistik sudah diterima KPPS," ucapnya.

Menurut dia, hambatan yang dihadapi di lapangan berupa adanya wilayah yang letaknya cukup jauh disamping rawan terjadinya gangguan terhadap logistik yang dikirim.

"Ada lima kecamatan yang rawan karena selain letaknya jauh juga kondisi sepi seperti Kecamatan Aluh-Aluh, Aranio, Sungai Pinang, Telaga Bauntung dan Paramasan," sebutnya.

Namun, pihaknya berkeyakinan seluruh logistik pilkada bisa diterima KPPS tepat waktu sehingga pilkada di Kabupaten Banjar yang tersebar pada 20 kecamatan bisa berjalan lancar.

Pilkada Kabupaten Banjar diikuti empat pasangan calon, Khalilurahman yang berpasangan dengan Saidi Mansyur dan pasangan Abidinsyah dengan Mawardi Abbas.

Dua pasangan lain Chairiansyah dan Abdul Hadi serta pasangan Ahmad Fauzan Saleh (mantan wakil bupati) yang berpasangan dengan Teja Sukmana.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015