Sebanyak 60 orang Kepala Desa (Kades)  dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa akan berakhir masa jabatannya pada awal bulan April, tepatnya tanggal 4 April 2022 mendatang.

Mengapresiasi jasa para kades dan ketua TP PKK desa tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melaksanakan penyerahan piagam penghargaan dan bingkisan kenangan-kenangan kepada seluruh kades dan ketua TP PKK desa yang akan purna tugas.

"Pelepasan kades dan ketua TP PKK desa ini merupakan tahapan kedua, setelah 69 kades dan ketua PKK desa dilepas pada tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas PMD HSS, Susilo Adianto, dalam laporan, di Pendopo Kabupaten, Rabu (30/3) kemarin.

Baca juga: 129 desa di HSS akan laksanakan pilkades serentak

Dijelaskan dia, maka bila ditotal dengan yang dilepas sebelumnya adalah 129 kades dan ketua PKK desa, dan sisa 15 kades dan Ketua PKK desa akan berakhir pada Tahun 2024-2026.

Tentunya dengan berakhirnya masa jabatan tersebut, maka akan kembali dilaksanakan pemilihan kepala desa serentak untuk 129 Desa pada Tahun 2022, dan sebanyak sembilan desa di tahun 2024, dan pada tahun 2026 sebanyak enam desa.

"Hal tersebut sesuai dengan ketentuan bahwasanya pemilihan kepala desa serentak maksimal dilaksanakan tiga kali selama enam tahun," katanya.

Dari data yang telah terkumpul hingga sampai saat ini, sudah tercatat 400 orang yang telah melakukan pendaftaran pencalonan menjadi kepala desa, dan data tersebut tentunya akan terus bertambah.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengungkapkan rasa bahagia bisa bertatap muka langsung dengan para kades dan ketua PKK desa yang telah berakhir masa jabatannya.

"Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih juga penghargaan yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu semuanya, yang selama ini telah menjadi peran yang sangat penting juga memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kabupaten HSS," katanya.

Baca juga: Wabup HSS apresiasi capaian PBB Sungai Raya capai 100 persen

Menurut dia, di masa pandemi COVID-19 ini, tentu baik kades maupun ketua PKK desa juga merasakan bagaimana sulitnya menghadapi dan menanganinya, namun dengan kebersamaan yang telah terjalin dengan baik, tentu semuanya bisa dilalui dengan baik.

Ia berharap, silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik antara Pemerintah Kabupaten HSS dengan para kades dan ketua PKK desa yang telah berakhir masa jabatannya, tetap harus dijaga keharmonisannya.

Turut hadir, Ketua PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad didampingi Wakil Ketua TP. PKK HSS, Sri Astuti Syamsuri Arsyad, para asisten, camat se HSS, serta para ketua TP PKK kecamatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022