Martapura, (Antaranews Kalsel) - TK/TP Al Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Banjar melaksanakan Wisuda Santri ke-28 di Masjid Al Karomah Martapura untuk membumikan gerakan membaca Al-Qur'an di Masjid AlMukaramah, Martapura, Minggu (29/11).


"Wisuda ini merupakan suatu wujud penghargaan kepada para santri, supervisor dan ustadz – ustadzah dan pembina TK/TP Al Qur’an tingkat kecamatan yang berprestasi dan berkinerja baik dalam pergerakan membumikan baca tulis Al Qur’an di Kabupaten Banjar," terang Direktur Daerah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK/TP Al Qur’an (LPPTKA) BKPRMI Kab. Banjar H. Mahdi An Noor, mengutip rilis Humas Banjar, Senin.

Dalam kegiatan wisuda yang begitu meriah dan semarak ini, Penjabat Bupati Banjar H. Rachmadi Kurdi beserta istri berkenan mewisuda ± 1880 orang santri, termasuk diantaranya sekitar 30 orang santri manula, dari 20 kecamatan di Kabupaten Banjar.
Ia juga mengundi bagi ustadz – ustadzah BKPRMI yang berprestasi dan berkinerja baik untuk diberangkatkan umroh.

Penghargaan yang diberikan pada setiap acara Wisuda Santri di lingkungan LPPTKA BKPRMI Kabupaten Banjar, terang Rachmadi, merupakan salah satu cara meningkatkan semangat dan motivasi kerja dan belajar para santri, termasuk supervisor, ustadz – ustadzah dan para pembinanya.

“Tradisi wisuda seperti ini sangat baik dilakukan mengingat kegiatan ini akan dapat membuat para santri lebih menghayati dan dan mengamalkan nilai – nilai Al Qur’an dalam kehidupan mereka sehari – hari,” ujarnya.

“Wisuda santri kali ini, juga memperingati Ultah ke-26 TK/TP Al Qur’an BKPRMI Kab. Banjar,” kata H. Mahdian.

Banyak penghargaan yang kami berikan. Diantaranya kepada unit TK/TPA yang santrinya terbanyak mengikuti wisuda seperti Unit 074 Sirajul Aman, Astambul dengan 41 orang santri yang diwisuda. Unit 056 Nurul Qamar, Mataraman dengan 37 orang santri dan Unit 114 Nurul Huda, Mataraman dengan 31 orang santri yang diwisuda.

“Supervisor pun tidak ketinggalan diberikan apresiasi atas prestasinya dalam mengikutsertakan para santri dalam wisuda,” jelas H. Mahdian. Seperti Supervisor dari Martapura Kota yang mampu mengikutsertakan 335 orang santri dalam wisuda. Supervisor dari Sungai Tabuk dengan 296 orang santri dan Supervisor dari Mataraman dengan 271 orang santri.

“Sedangkan penghargaan santri terbaik pada munaqasah tahun 2015 dibagi dalam dua jenjang yaitu Jenjang TKA dan Jenjang TPA,” ungkapnya.

Untuk Jenjang TKA, Terbaik I diraih A. Rizki Badali (Unit 074 Sirajul Aman – Astambul) dengan nilai 85. Terbaik II diraih A. Hafi Putera (Unit 026 Baiturrahman – Beruntung Baru) dengan nilai 84. Terbaik III diraih Wardiati (Unit 088 Darul Iqmah – Sungai Tabuk) dengan nilai 83.

Untuk Jenjang TPA, Terbaik I diraih Abdul Karim Jindan (Unit 260 Nurul Iman – Mtp Kota) dengan nilai 90. Terbaik II diraih Nor Aida (Unit 066 Al-Musyarrafah – Sungai Tabuk) dengan nilai 88 dan Terbaik III diraih Rizki Atma Jaya (Unit 318 Al Hikmah – Simp. Empat) dengan nilai 86,5. (ar/rez/irw/e)

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015