PT PLN (Persero) memberdayakan masyarakat sekitar lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam Asam di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan untuk menjadi lebih tangguh, mandiri dan sejahtera melalui pembangunan pusat kuliner "Eco Faba Park".

"Terdapat 12 unit usaha UMKM yang memanfaatkan lokasi Eco Faba Park. Kami berharap jadi roda penggerak perekonomian masyarakat sekaligus menciptakan nilai bersama bagi masyarakat dan PLN," kata General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Kalimantan Daniel Eliawardhana di Banjarbaru, Senin.

Menariknya, material untuk pembangunan Eco Faba Park dibuat dari limbah batu bara atau fly ash dan bottom ash (Faba) sisa pembakaran batu bara PLTU Asam-asam yang kemudian diolah oleh UMKM setempat untuk digunakan sebagai material stabilisasi tanah dan paving block.

"Pembangunan Eco Faba Park total memanfaatkan 325 ton Faba," jelasnya.

Daniel menjelaskan, pembangunan Eco Faba Park yang terletak di Jorong, Kabupaten Tanah Laut itu memanfaatkan aset milik PLN Unit Pelaksana Pembangkitan Asam-asam yang digunakan sebagai areal kegiatan masyarakat dengan UMKM binaan PLN melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM).

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Faba saat ini telah dikategorikan sebagai limbah non bahan berbahaya beracun (B3) terdaftar. Melihat hal tersebut, PLN hadir dengan program TJSL yang melibatkan UMKM, BUMDes untuk membuat batako dan paving block dari Faba.

"Hasil olahannya digunakan untuk pembangunan sarana umum serta proyek infrastruktur lainnya,” tambah Daniel.

Dalam melaksanakan program TJSL, PLN berorientasi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) serta berpedoman pada ISO 26000 dengan harapan pelaksanaan program TJSL dapat lebih terukur, berdampak dan berkelanjutan.
UMKM binaan PLN di pusat kuliner "Eco Faba Park" di PLTU Asam-asam. (ANTARA/Firman)


Kepala Desa Sungai Baru Heryanto mengapresiasi PLN yang telah berkontribusi meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Simpang Empat. 

Eco Faba Park pun kini menjadi pusat kegiatan masyarakat untuk bersantai terutama di sore hari dan akhir pekan. 

Sebelumnya, PLN telah melakukan kerja sama uji coba pemanfaatan Faba PLTU Asam-asam dengan PT Adhi Karya Tbk (Persero) pada proyek preservasi jalan sepanjang 150 kilometer di Provinsi Kalimantan Selatan.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022