Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Rahmiyati Wahdah mengatakan, pihaknya terus memperbaiki daftar pemilih tetap (DPT) pertiga bulan hingga jelang Pilkada tahun 2024.

"Sejak awal 2022 ini, per Maret ini akan kita mulai lagi verifikasi untuk perbaikan DPT pertiga bulan," ujarnya di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan verifikasi untuk perbaikan DPT ini berakhir hingga jelang tahapan Pemilu, baik legislatif, Pilpres dan Pilkada serentak 2024 dimulai.

"Kalau melihat verifikasi yang dirilis per Februari tadi, jumlah DPT naik, kalau DPT pada Pemilu 2020, yakni, Pilkada kan sebanyak 447 ribu sekian, sekarang jadi sekitar 448 ribu sekian," ucapnya.

Rahmiyati Wahdah mengatakan, verifikasi DPT yang pihaknya lakukan dengan intensif berkoordinasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) hingga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kalau dengan Disdukcapil ini kita memvalidasi data yang kita miliki, kebenaran domisili dan lainnya," papar Rahmiyati Wahdah.

Tidak hanya itu, pihaknya pun juga koordinasi dengan dinas Pendidikkan (Disdik) untuk pemilih pemula.

"Bahkan pengadilan agama juga kita sambangi, mencari data warga yang usia di bawah 17 tahun tapi sudah menikah, mereka juga berhak memilih," tuturnya.

Dikatakan dia, sesuai surat resmi KPU RI, bahwa pelaksanaan Pilkada 2024 (Pilgub,Pilbup dan Pilwali) akan berlangsung pada 27 November 2024, sedangkan Pemilu Serentak (Pilpres dan Pileg) akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Saat ini pun, pihaknya terus mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu 2024 tersebut ke masyarakat dengan menggandeng tokoh masyarakat, agama dan lainnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022