Sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan mendapat penghargaan dari pemerintah dalam pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Kecamatan Amuntai Tengah meraih juara satu sebagai kecamatan terbanyak  terbanyak dalam  pencapaian sasaran vaksin sebanyak 9967 dosis, demikian pula unsur Polsek dan Koramilnya meraih penghargaan serupa.

Penghargaan diserahkan langsung secara bergantian oleh Plt Bupati HSU H Husairi Abdi, Kapolres AKBP Afri Darmawan dan Dandim diwakili Kapten Inf. Mahmud Dali.
Tokoh Masyarakat Kecamatan Amuntai Tengah Rizki Prihidayat yang juga Ketua RT.01 Kelurahan Murung Sari. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)


Tokoh masyarakat Kelurahan Murung Sari Rizki Prihidayat di Amuntai, Selasa (1/3) mengatakan, sinergi antar pemangku kepentingan dan kebijakan vaksinasi portable dan vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door) menjadi salah satu kunci keberhasilan vaksinasi COVID-19 di Wilayah Kecamatan Amuntai Tengah 

"Pelaksanaan Vaksinasi portable dari rumah ke rumah yang dilaksanakan di Kecamatan Amuntai Tengah menyumbang jumlah sasaran vaksinasi yang cukup besar," ujar  Rizki.

Rizki yang juga ketua RT.01 Kelurahan Murung Sari menilai sinergitas berupa kerja sama dari berbagai pemangku kepentingan di Amuntai Tengah sangat solid dalam pelaksanaan Vaksinasi.
 
Ketua RT.01 Murung Sari Rizki Prihidayat ketika mendampingi tenaga nakes dari Dinkes dan Klinik Polres HSU mendatangi rumah warga untuk di vaksin beberapa waktu lalu. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Ia berharap sinergitas antara TNI Polri, UPT Puskesmas, Satgas, pihak kecamatan hingga pimpinan desa dan kelurahan tetap terjaga untuk menuntaskan pelaksanaan vaksin.

Rizki sendiri salah satu Ketua RT d Kecamatan Amuntai Tengah yang aktif membantu sosialisasi kepada warga dan membantu menginformasikan jadwal vaksinasi hingga membantu warga mengikuti vaksinasi di puskesmas maupun di lokasi terdekat.

Rizki juga berterima kasih karena pihak Kecamatan, Puskesmas dan Klinik Polres HSU cepat merespon keinginannya untuk memberikan layanan vaksin dari rumah ke rumah warga RT.01.
 
Warga RT.01 Murung Sari ketika menerima suntikan vaksin dirumahnya. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Masih terdapat warga yang perlu motivasi lebih untuk bersedia di vaksin, sebagian lagi karena kondisi sakit dan lansia sehingga perlu diberikan layanan vaksin ke rumah," terangnya.

Selain Kecamatan Amuntai Tengah yang berhasil mencapai target 70% akhir Desember 2021, Kecamatan Babirik dan Amuntai Utara juga mendapat penghargaan atas pencapaian vaksin.

Pemberian penghargaan dilaksanakan seiring apel OPS. Keselamatan Intan 2022 yang turut dihadiri Ketua DPRD HSU, perwakilan Dinas Kesehatan, BPBD, Dishub dan jajaran PJU Polres HSU.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022