Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri syukuran panen cabai Kelompok Tani (Poktan) Hidup Makmur, di Desa Madang, Kecamatan Padang Batung.

Sambil berjalan menuju Kampung Cabai, wabup melihat kanan dan kiri melihat hamparan cabai yang sangat luas dan sudah dapat di panen. Pada panen tahun ini, Poktan Hidup Makmur menghasilkan panen ratusan juta Rupiah, dengan modal sekitar kurang lebih Rp70 juta.

"Panen yang dilaksanakan hari ini merupakan bantuan benih cabai dan sarana Saprodi tahun 2021, bersumber dari dana APBN seluas 20 hektar," kata Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor, Jumat (18/2) kemarin.

Baca juga: 30 poktan di Kabupaten HSS terima bantuan alat mesin pertanian

Dijelaskan dia, bantuan diberikan pada poktan, di antaranya Poktan Hidup Makmur Desa Madang seluas lima hektar, Poktan Suka Maju, Desa Madang dua hektar, Poktan Maju Baling, Desa Madang tiga hektar, Poktan Mekar Sari, Desa Telaga Langsat seluas 10 hektar.

Pihaknya bersyukur bantuan yang telah diberikan pada poktan telah dimanfaatkan dengan baik, sesuai dengan peruntukannnya dan ditanam dan dipelihara sehingga sama-sama memanen dan petani bisa merasakan hasilnya.

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan menyambut baik terlaksananya kegiatan syukuran panen cabai yang dilaksanakan, di mana melalui kegiatan panen ini menunjukkan bahwa sektor pertanian masih dapat bertahan dan memberikan hasil yang baik sebagaimana yang diharapkan.

Mengingat saat ini kondisi pandemi masih melanda dan membawa dampak terhadap perkembangan perekonomian masyarakat, sehingga panen cabai kali ini memberikan kabar gembira tentunya bagi peningkatan kesejahteraan petani setempat.

Lebih lanjut, ia berharap trend positif ini ke depan dapat terus dipelihara dan dapat ditingkatkan lagi, sebagai upaya bersama meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Bupati HSS hadiri syukuran padi Poktan Simpang Sanga Desa Kaliring

“Selain itu, juga diharapkan dengan adanya panen ini dapat memenuhi kebutuhan daerah kita terhadap hasil pertanian khususnya cabai," katanya.

Menurut dia, di satu sisi menghendaki agar kiranya harga cabai dapat memberikan keuntungan bagi para petani, namun tentunya juga diharapkan jangan sampai harga tersebut menyulitkan bagi masyarakat lainnya, menguntungkan bagi petani dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai konsumen.

Turut hadir, Kapolres HSS, AKBP Sugeng Prianto, Dandim 1003 Kandangan. Letnan Kolonel Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, Camat Padang Batung dan para anggota poktan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022