Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Sultan Banjar Khairul Saleh mengharapkan tiga tokoh pejuang Kalimantan Selatan mendapat gelar pahlawan nasional dari pemerintah atas jasa-jasanya kepada daerah dan bangsa.


"Harapan kami tiga tokoh pejuang yakni almarhum Pangeran Hidayatullah dan Panglima Wangkang serta PM Noor mendapat gelar pahlawan nasional," kata Khairul Saleh di Martapura, Sabtu.

Ia mengatakan hal itu pada puncak milad ke-511 Kesultanan Banjar yang sekaligus pemberian gelar kepada sejumlah pihak yang memberikan sumbangsih bagi daerah dan bangsa.

Menurut dia, pihaknya memberikan anugerah Wirasana atau anugerah Pahlawan Negeri Banjar kepada almarhum YM Pangeran Hidayatullah bin Pangeran Abdurrahman.

Anugerah yang sama diberikan kepada almarhum YM Panglima Wangkang bin Pembakal Kendet yang ikut berperang menghadapi penjajah kolonial Belanda.

Satu tokoh lain yang diberikan anugerah Wirasana yakni almarhum Pangeran Muhammad Noor bin PM Ali sebagai pejuang kemerdekaan dan gubernur pertama Kalimantan.

"Tujuan pemberian anugerah Wirasana sebagai jalan pembuka menjadikan mereka pahlawan nasional dan harapan kami seluruh elemen masyarakat mendukung," ucapnya.

Ia mengharapkan, kepahlawanan tiga tokoh pejuang itu bisa menjadi inspirasi dan penyemangat bagi rakyat Banjar untuk menjadi pahlawan dalam kehidupan bermasyarakat.

Ditekankan, Kesultanan Banjar siap menjadi pioner terdepan dalam upaya menjaga adat dan budaya daerah melalui lembaga adat yang menjadi wadah reproduksi kebudayaan.

"Posisi Sultan sendiri bukan seperti jaman dulu yang bersikap feodal dan terkesan lebih tinggi dibanding rakyat, tetapi sekarang baik, santun serta dekat dengan rakyat," ujarnya.

Dia mengatakan mantan Bupati Banjar dua periode itu, pihaknya akan terus konsisten membangun daerah melalui berbagai upaya yang diprogramkan bersama lembaga kesultanan Banjar.

"Kami akan tetap konsisten untuk membangun daerah karena menjadi tanggung jawab kita menjamin anak cucu mewarisi keluhuran adat, budaya dan tradisi Banjar," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015