Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry MAP menerima silaturahmi sekaligus audiensi dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) HSS, dipimpin Kepala BNN HSS, Agus Winari beserta jajaran, di ruang kerja bupati HSS.

Ia mengatakan, program-program yang nanti dilakukan BNNK selesai, mau pun dari pembinaan kabupaten dan pusat tidak boleh terhenti, program harus berkesinambungan dari awal melibatkan orang banyak dan manfaatnya dirasakan.

“Akhirnya mereka akan melanjutkan program tersebut terus berlanjut dan kita tidak ingin selesai program habis tidak ada kesinambungan,” katanya, dalam keterangan, Kamis (27/1).

Baca juga: BNNK HSS ajak partisipasi masyarakat perangi penyalahgunaan narkoba

Dijelaskan dia, dengan berbagai program yang ada, BNNK HSS dapat melibatkan Dinas PMD dan siapa tahu ada kegiatan-kegiatan yang di luar dari daftar isian pelaksanaan anggaran BNN, dan mungkin dari dana-dana desa juga bisa dapat diarahkan untuk dana sosialisasi dan kampanye anti narkoba di desa.

Program Desa Bersinar agar tidak terlalu bertumpu dengan dana pemerintah pusat dan pemerintah daerah mungkin akan di dukung dulu oleh desa, sehingga desa tanggung jawabnya lebih besar.

"Misalkan dana desa yang diarahkan tidak besar, namun program Desa Bersinar paling tidak menjadi tanggung jawab mereka juga," katanya.

Kepala BNNK HSS, Agus Winarti, menyampaikan hasil kerja program pada tahun 2021 dan rencana pelaksanaan tugas dan program-program yang akan dilaksanakan di tahun 2022.

Baca juga: Pemkab HSS hibahkan 500 alat tes urine narkotika bagi ASN

Menurut dia, kembali diusulkan salah satu program, yaitu Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di wilayah Kabupaten HSS tahun 2021 tetap berlanjut, juga usulan desa-desa yang menjadi kaegori untuk program Desa Bersinar.

ia juga menyampaikan hasil pelaksanaan Inpres Nomor 2 tahun 2020 oleh OPD terkait, untuk program Rencana Aksi Nasional (RAN) dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) berupa Mou dengan Pemerintah Daerah Kab HSS bersama OPD terkait dalam kegiatan P4GN.

“Kami berharap dukungan penuh dari kepala daerah, yaitu Bapak Bupati HSS dalam upaya P4GN, serta BNN akan melakukan koordinasi segera ke SKPD terkait seperti Kesbangpol, Dinas PMD, dan kecamatan-kecamatan sampai ke desa-desa,” katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022