Manajemen industri semen Tiga Roda, Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, peduli pendidikan di Kotabaru melalui program volunteer atau relawan untuk mengisi kekosongan tenaga pendidik di sekolah-sekolah di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Program volunteer bagi TKB Desa Langadai akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan, dan langkah tersebut merupakan peran nyata perusahaan bagi perkembangan pendidikan," kata Management Indocement Plant Tarjun, H Teguh Iman Basoeki.

Dikatakan, perusahaan berharap ke depan TKB Desa Langadai mampu mencetak generasi penerus bangsa yang sesuai harapan, dan manajemen akan mesupport untuk menjalankan program-program semacam itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotabaru, Selamat Riyadi menyambut baik atas inisiasi bantuan yang diberikan oleh PT Indocement dan hal tersebut dirasa sangat membantu.

Baca juga: Tiga Kompleks Pabrik Indocement Raih Penghargaan PROPER Hijau 2021

"Prinsipnya Disdikbud sangat mendukung kegiatan Indocement untuk menjalankan program tersebut. Menjadi harapan bersama semoga program ini semakin meningkatkan kualitas pendidikan di TKB Desa Langadai dan memberikan dampak bagus bagi peningkatan kualitas siswa," imbuhnya, melalui siaran pers.

Akhmad Sudarmuji selaku pengelola SMP – SMA TKB Desa Langadai menjelaskan bahwa, pihaknya mewakili dewan guru memberikan apresiasi kepada Indocement yang peduli akan perkembangan dunia pendidikan.

“Kami masih kekurangan tenaga pengajar, dan dengan adanya program volunteer yang dilaksanakan Indocement sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan guru,” tuturnya.

“Mudah-mudahan hal semacam ini akan berkelanjutan, prinsipnya adalah pendidikan bukan hanya menjadi tanggungjawab kami saja melainkan pemerintah, masyarakat serta dunia usaha,” tambahnya.

Menurut seorang siswa dari kelas X, Deka Maulida Aita,  apa yang dilakukan Indocement sangat membantu untuk proses pembelajaran. Apalagi, yang diajarkan adalah mata pelajara bahasa inggris yang tentu begitu bermanfaat bagi siswa.

“Saya melihat seluruh siswa begitu bersemangat dan antusias menerima pembelajaran yang diberikan oleh pengajar dari Indocement. Intinya, saya berterimakasih kepada perusahaan yang ikut berperan secara nyata dalam dunia pendidikan,” ucapnya.

Baca juga: Indocement Raih Penghargaan terkait vokasi industri

Sementara itu Ihwan,  karyawan Indocement tenaga pengajar program volunteering teaching di TKB Desa Langadai sangat bersemangat ketika ditunjuk menjalankan program tersebut. 

Selain itu memang di TKB Langadai kekurangan tenaga pengajar namun mempunyai jumlah siswa yang lumayan banyak.

Oleh karenanya, perusahaan merasa mesti berbuat untuk peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa.

Ikwan dan beberapa rekan lainnya mengutamakan peran aktif siswa didik selama proses belajar.

Dengan metode yang diterapkan seperti halnya pemberian materi yang kemudian dilanjutkan dengan memberi ruang kepada siswa untuk bertanya.

"Selain itu ada pula sesi quiz ataupun games sehingga  menjadi menarik dan  tanggapan siswa sangat baik sekali,” papar Ihwan.

Ia berharap pemerataan terhadap pendidikan dapat menjadi perhatian utamanya di daerah-daerah yang masih kekurangan guru.

Dengan pendidikan nantinya akan mampu menjadi pilar bagi para penerus bangsa.

“Kami berpesan agar seluruh siswa terus semangat selama belajar dan dalam mengejar cita-citanya,” harap dia.
 

Pewarta: imm

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022