Ketua Komite Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (KORMI) pusat Haryono Isman mengatakan, pertama di Indonesia, KORMI Provinsi dipimpin seorang Gubernur, itu hanya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Haryono menyampaikan itu pada pelantikan ketua dan anggota KORMI Provinsi Kalsel Pengganti Antar Waktu (PAW) 2018-2023, di mana Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dilantik jadi ketua KORMI Kalsel tersebut di Gedung Mahligai Pancasila di Kota Banjarmasin, Senin malam.

"Dalam sejarah KORMI yang dulunya FORMI, inilah pertama kali Ketua Umum KORMI Provinsi dijabat seorang Gubernur, hanya di Kalsel ini," ujarnya.

Haryono mengatakan, dipilihnya Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin sebagai Ketua KORMI provinsi bukan sebuah kebetulan.

"Karena kita sudah kenal dengan Paman Birin merupakan sosok gemar olahraga, pecinta olahraga, sampai sekarang aktif, mendukung penuh kemajuan berbagai olahraga di provinsi ini, jadi patut jadi ketua KORMI," tuturnya.

Bahkan dia menyampaikan, KORMI pusat sangat berterimakasih kepada Gubernur Kalsel ini yang mau membesarkan KORMI selama ini, bahkan merestui FORNAS yang ke-4 tahun 2017 di provinsi ini.

"Jadi kita sangat yakin KORMI Kalsel lebih maju lagi kedepannya," paparnya.

Ketua KORMI Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor menyatakan komitmennya terhadap kemajuan olahraga tradisional di bawah KORMI Kalsel, bahkan melanjutkan prestasi KORMI Kalsel pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-4 pada 2017 di provinsi ini.

"Pada FORNAS ke-6 di Palembang kita harap KORMI Kalsel nampu untuk berjaya," tuturnya.

Paman Birin, Gubernur Kalsel, menyatakan, KORMI di provinsi ini sudah memiliki kepengurusan di 13 kabupaten/kota, sebagai ujung tombak menciptakan penggiat penggiat olahraga rekreasi yang bisa berpartisipasi di FORNAS ke-6 pada 2022 di Palembang.

Menurut Paman Birin, olahraga rekreasi adalah olahraga gembira, olahraga murah tapi bukan murahan, bergembira sehat dengan penuh prestasi.

"Olahraga ini mendukung Indonesia sehat yang berdaya saing tinggi," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022