Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina mengatakan, semua harus optimis tahun 2022 pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Yang paling penting itu kita semua harus optimis memjalanintahun 2022 ini, pandemi COVID-19 segera berakhir, ekonomi terus pulih dan permasalahan sosial bisa diselesaikan," ujarnya mengawali pembicaraan saat jadi narasumber podcast Antaranews Kalsel di Kantor Antara Biro Kalsel di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, permasalahan yang besar saat ini masih pada pandemi COVID-19, namun kondisinya saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun lalu, bahkan hampir satu setengah bulan ini kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 nihil.

"Asal masyarakat kita terus waspada, disiplin protokol kesehatan tidak kendor, semua mengikuti program vaksinasi, kita optimis pandemi ini segera berakhir," ujarnya.

Pasalnya, lanjut Ibnu Sina, pandemi penyakit menular ini biasanya hanya berlangsung 2 tahun, di mana pandemi COVID-19 yang menular di seluruh dunia ini sudah berjalan 2 tahun.

"Yang menjadi kewaspadaan kita saat ini kan tinggal varian baru COVID-19 bernama Omicron ini kan, seandainya tidak ada ini, pandemi bisa dinyatakan sudah berakhir," ujarnya.

Apalagi, kata Ibnu Sina, program vaksinasi COVID-19 di kotanya sudah melampaui target WHO, yakni, sudah 81 persen mencapai terget sasaran yang totalnya sekirar 711 ribu warga.

"Yang kurang sedikit memenuhi target ini memang untuk warga lanjut usia (Lansia), tapi ini kita upayakan terus," paparnya.

Sehingga, ucap Ibnu Sina, pencapaian target kekebalan kelompok di Kota Banjarmasin betul-betul terwujud demi keselamatan dan kesehatan warganya di masa pandemi COVID-19 ini.

Dia pun menyukuri, kekompakan dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 ini terkoordinasi dengan baik, baik pemerintah kota, pemerintah provinsi, TNI-POLRI hingga pihak-pihak lembaga pemerintah lainnya dan swasta di kota ini.

"Jadi kita gotong royong, sebagaimana slogan kota ini kayuh baimbai, sama-sama bagaimana program vaksinasi COVID-19 ini bisa berjalan cepat, sebab kalau pandemi COVID-19 ini tidak berakhir, maka masih berat untuk melaksanakan pembangunan dan lainnya," papar Ibnu Sina.

Dari data Kaskus COVID-19 yang dikeluarkan Dinkes Kalsel pada hari ini, Kota Banjarmasin tidak ada tambahan kasus COVID-19 baru, hingga total kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin sebanyak 15.877 orang, sembuh sebanuak 15.332 orang dan meninggal dunia sebanyak 544 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022