Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mengharapkan kekebalan kelompok (Herd Immunity) terhadap Corona Virus Disease (COVID-19) semakin kuat seiring angka cakupan vaksinasi mencapai 80,88 persen. 

"Kami berharap kekebalan kelompok di tengah masyarakat semakin kuat dan tidak ada lagi muncul penularan dan penyebaran COVID-19 di daerah kita, semua sehat selalu," ujarnya di Kota Banjarbaru, Ahad. 

Pernyataan itu disampaikan wali kota menanggapi pencapaian cakupan vaksinasi 80,88 persen per tanggal 31 Desember 2021 sekaligus melampaui target cakupan vaksinasi yang sudah ditetapkan pemerintah 70 persen.

Dikatakan Aditya, pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak baik tenaga kesehatan dan jajaran dinas instansi di lingkup pemkot, juga kepada TNI/Polri yang mendukung penuh setiap kegiatan vaksinasi. 

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, baik nakes, aparatur pemkot hingga TNI/Polri yang bekerja keras mencapai target vaksinasi, juga terima kasih kepada masyarakat yang sadar pentingnya vaksinasi," ucap dia. 

Diketahui, target cakupan vaksinasi yang ditetapkan pemerintah bagi Kota Banjarbaru sebanyak 195.115 orang dan setiap daerah di Indonesia sudah ditarget mampu mencapai 70 persen dari sasaran tersebut. 

Kenyataannya, cakupan vaksinasi Kota Banjarbaru sudah mencapai 70 persen pada akhir November lalu dan terus meningkat hingga batas akhir nasional pencapaian vaksinasi 31 Desember yang menembus 80,88 persen.

Persentase 80,88 persen itu setara 157.815 orang yang sudah divaksin dosis pertama terdiri dari 127.567 orang petugas dan masyarakat, 22.007 orang usia remaja dan 8.241 orang lanjut usia. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022