Tanjung (Antaranews Kalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menggelar pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana yang diikuti para petugas pemadam kebakaran dan satuan tugas (Satgas) di kecamatan.


Menurut staf bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tabalong Abdoel Aziz di Tanjung, Selasa, kegiatan Diklat bagi petugas pemadam kebakaran (Damkar) kecamatan dan Satgas penanggulangan bencana dilaksanakan selama tiga hari, 28 - 30 September 2015.

"Kepada petugas kebakaran dan satgas di kecamatan kita latih untuk menambah keterampilan dan wawasan terkait penanggulangan bencana sehingga bisa lebih siap dan terampil saat melaksanakan tugasnya," jelas Aziz.

Dalam diklat ini BPBD setempat melibatkan anggota Kodim 1008/Tanjung, Polres Tabalong dan petugas pemadam kebakaran dari PT Pertamina EP Aset V Tanjung Field selaku nara sumber.

Aziz menambahkan pihaknya telah membentuk posko siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di kawasan Termina Mabuun Kecamatan Murung Pudak dengan melibatkan sejumlah Damkar swadaya, anggota TNI/Polri.

Sementara itu alokasi dana dari Pemerintah Pusat untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan di `Bumi Saraba Kawa` ini sekitar Rp300 juta.

Fasilitas yang dimiliki BPBD Tabalong diantaranya tujuh unit mobil pemadam kebakaran plus satu unit mobil ambulance, satu unit mesin portable mobil jenis fuso.

"Kita juga dibantu sarana pemadam kebakaran dari sejumlah kecamatan dan hanya Kecamatan Muara Harus yang belum memiliki mobil pemadam," tambah Azis.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015