Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry, kembali menyerahkan secara simbolis bantuan Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif APBD perubahan tahun anggaran 2021 untuk penerima di Kecamatan Kandangan dan Sungai Raya, di Aula Kecamatan Kandangan.

Ia mengatakan, berharap kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PRS baik dari Kecamatan Kandangan maupun Sungai Raya, agar dapat memaksimalkan bantuan dana yang diberikan.

“Semangatnya untuk membuat rumah layak huni dan nyaman warga, apabila rumahnya dulunya merembes karena tetesan air hujan, dengan bantuan ini maka tidak ada lagi atapnya yang merembes air,” katanya, saat memberikan arahan dalam penyerahan secara simbolis, Rabu (15/12).

Baca juga: Puluhan warga di Loksado dan Padang Batung terima bansos PRS

Dijelaskan dia, walaupun dana yang diberikan lumayan besar, ia berpesan untuk berfokus kepada rumah induk terlebih dahulu karena yang paling tahu rumah itu rusaknya di mana adalah warga penerima PRS sendiri.

Perbaikan tersebut yang harus diprioritaskan, jadi agar dana yang diberikan untuk dipergunakan semaksimal mungkin untuk perbaikan rumah, yang pasti dengan hal ini pihaknya ingin memastikan agar warga bisa tidur dengan tenang dan tidak kehujanan.

Sementara untuk UEP, ia juga berpesan untuk terus menjaga kualitas, baik itu jasa yang diberikan, dagangan makanan kering ataupun makanan basah untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

“Kita ingin ini dapat meningkatkan pendapatan warga penerima bansos, jangan sampai diberi modal bedagang malah untungnya tidak bertambah,“ katanya.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan sosial PRS dan UEP untuk wilayah Daha

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, mengatakan bantuan PRS di Kecamatan Kandangan sebanyak 32 KPM dan Kecamatan Sungai Raya sebanyak 28 KPM, di mana setiap keluarga mendapatkan dana bantuan sebesar Rp17,5 juta.

Sedangkan untuk penyerahan UEP, diberikan untuk delapan orang KPM dari Kecamatan Kandangan dengan total anggaran Rp15,8 juta dan delapan orang dari Kecamatan Sungai Raya dengan total anggaran Rp21,6 juta.

Turut berhadir, Asisten Pemeritntahan Dan Kesejahteraan Masyarakat Setda HSS, Efran, serta Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021