Puluhan warga di Kecamatan Loksado dan Kecamatan Padang Batung mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) Program Rumah Sejahtera (PRS) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bantuan diserahkan secara langsung Bupati HSS, H. Achmad Fikry, yang berhadir didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Dearah (Setda) Pemkab HSS, Efran, di Aula Kecamatan Padang Batung.

“Kalau bupati tinggal di rumah yang layak, masyarakatnya pun juga harus tinggal di rumah layak huni, agar lebih nyaman sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman pula,” kata bupati, Rabu (15/12).

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan sosial PRS dan UEP untuk wilayah Daha

Dijelaskan dia, Pemkab HSS akan mengupayakan pembangunan rumah layak huni bagi seluruh masyarakat yang kurang mampu secara bertahap di tiap tahunnya, dan untuk penyerahan bansos kali ini merupakan kali ke-8 yang disalurkan.

Kepala Dinas Sosial HSS, mengatakan pada tahun 2021 ada sebanyak 352 kepala keluarga yang tersebar di 11 Kecamatan mendapatkan bantuan PRS dari pemerintah daerah melalui dana APBD.

Masyarakat yang dinyatakan tidak lolos verifikasi bantuan PRS sendiri dikarenakan beberapa faktor, yakni di antaranya yang bersangkutan telah meninggal dunia, sudah pernah mendapatkan bansos dari provinsi atau desa, serta rumahnya sudah diperbaiki sendiri.

Baca juga: Program Bansos PRS dan UEP Telaga Langsat dan Angking disalurkan

“Untuk masing-masing bantuan PRS yang diberikan senilai Rp17,5 juta untuk setiap penerimanya,” katanya.

Ditambahkan dia, selain PRS, Pemkab HSS juga menyalurkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada 34 orang penerima, yang diharapkan mampu mengembangkan usahanya agar bisa meningkatkan penghasilan ekonomi mereka.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021