Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diketuai H Ardiansyah menyoroti masalah lingkungan terkait Rencana Pembangunan Jaka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 - 2026.

Sorotan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dalam pemandangan umumnya terhadap Raperda tentang RPJMD Kalsel 2021 - 2026 pada rapat paripurna DPRD provinsi setempat yang dipimpin Wakil Ketuanya Hj Karmila  di Banjarmasin, Senin (13/12).

Dalam pemandangan umum Fraksi PKS yang Sekretarisnya Firman Yusi itu mengingatkan agar kelestarian hutan harus tetap terjaga salah satunya melalui Geopark Meratus dan penghijauan secara massal.

"Tak lupa pula agar pengendalian banjir di Banua (daerah Kalsel) merupakan hal yang prioritas, salah satunya normalisasi sungai di provinsi kita," saran wakil rakyat dari PKS tersebut.

"Pasalnya terkait lingkungan Banua yang tingkat pencemarannya kategori sedang. Hal tersebut juga harus menjadi perhatian Pemprov," demikian Fraksi PKS.

Mengawali pemandangan umum Fraksi PKS  pada rapat paripurna DPRD Kalsel itu, dia berpantun dalam bahasa daerah Banjar yang isinya  menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-84 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, 13 Desember 2021.

Hj Hariyatie sedang membacakan pemandangan umum Fraksi Partai Golkar terhadap RPJMD Kalsel 2021 - 2022 pada rapat paripurna DPRD setempat yang dipimpin Wakil Ketuanya Hj Karmila di Banjarmasin, Senin (13/12) didampingi Ketua Dewan H Supian HK dan hadir Sekdaprov Roy Rizali Anwar mewakili Gubernurnya. (Syamsuddin Hasan)

Sementara Fraksi Partai Golkar (FPG) yang diketuai Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH dan Sekretarisnya Troy Satria SE mengharapkan, apa-apa yang sudah tertuang dalam RPJMD agar peningkatan dan pengembangannya.

"Begitu pula sebagai bahan evaluasi, agar hal-hal yang belum disempurnakan menjadi tambahan untuk diakomodir dalam RPJMD 2021 - 2026 karena dengan kepemimpinan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada periode ke-2," demikian pemandangan umum FPG yang dibacakan Hj Hariyatie SSos MIKom.

Mendampingi pimpinan rapat, Ketua DPRD Kalsel Dr (HC) H Supian HK SH MH dan hadir Sekdaprov Roy Rizali Anwar mewakili Gubernurnya serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi tersebut.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021