Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel)yang diketuai H Ardiansyah menyoroti Indeks Pembangunan Manusia atau IPM terkait Rencana Pembangunan Jaka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 - 2026.

Sorotan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dalam pemandangan umumnya terhadap Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel 2021 - 2026 pada rapat paripurna DPRD provinsi setempat yang dipimpin Wakil Ketuanya Hj Karmila  di Banjarmasin, Senin (13/12).

Dalam pemandangan umum Fraksi PKS yang Sekretarisnya Firman Yusi itu mengungkapkan, bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi setempat, IMP hingga Tahun 2020 berada pada peringkat empat untuk regional Kalimantan.

"Permasalahan sumber daya manusia (SDM) tersebut salah satunya belum optimal kualitas pendidikan," ujar Fraksi PKS dalam pemandangan umumnya yang dibacakan H Haryanto SE.

"Kualitas SDM tersebut ditentukan oleh jenjang pendidikan, baik formal maupun informal. Oleh karenanya permasalahan itu agar lebih menjadi perhatian pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel," lanjut wakil rakyat dari PKS.

Mengawali pemandangan umum pada rapat paripurna DPRD Kalsel itu, Fraksi PKS menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-84 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, 13 Desember 2021.

Hj Hariyatie sedang membacakan pemandangan umum Fraksi Partai Golkar terhadap Raperda tentang RPJMD Kalsel 2021 - 2026 pada rapat paripurna DPRD setempat yang dipimpin Wakil Ketuanya Hj Karmila, didampingi Ketua Dewan H Supian HK dengan dihadiri Sekdaprov, Roy Rizali Anwar mewakili Gubernur provinsi tersebut di Banjarmasin, Senin (13/12). (Syamsuddin Hasan)

Sementara Fraksi Partai Golkar (FPG) yang diketuai Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH dan Sekretarisnya Troy Satria SE memberikan beberapa catatan kepada Pemprov Kalsel dalam menghadapi masa global.

Beberapa catatan pada pemandangan umumnya FPG antara lain, bahwa Indonesia telah memasuki tahun keenam dalam mewujudkan komitmen global untuk pelaksanaan "Sustainable Development Goals (SDGs) yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024.

"Untuk itu diperlukan komitmen untuk melakukan transformasi pembangunan dan penyeimbangan dimensi sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui SDGs yang berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat dicapai pada 2030," ujar FPG dalam pemandangan umumnya yang dibacakan Hj Hariyati SSos, MIKom.

Sedangkan prioritas RPJMD tersebut, mengembangkan SDM yang agamis, sehat, cerdas dan terampil. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik.

Selain itu, memantapkan kondisi sosial budaya budaya daerah yang berbasis kearifan lokal. Mengembangkan infrastruktur wilayah yang mendukung percepatan pengembangan ekonomi dan sosial budaya.

Kemudian mengembangkan daya saing ekonomi daerah yang berbasis sumber daya lokal dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Mendampingi pimpinan rapat, Ketua DPRD Kalsel Dr (HC) H Supian HK SH MH dan hadir Sekdaprov setempat, Roy Rizali Anwar serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi tersebut.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021